Puspiptek Innovation Festival 2018 : Tetap Fokus pada Pengembangan Inovasi

Foto : Mina News

METROTANGSEL.COM, Setu – Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) kembali menggelar Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2018 dengan tema “Innovation For All” yang digelar mulai Kamis hingga Minggu (27-30/9/2018).

PIF yang sudah digelar yang kedua kali ini, menjadi wadah ajang untuk memperkenalkan teknologi, membudayakan kecintaan terhadap iptek serta inovasi di masyarakat.

Menariknya dalam PIF 2018 kali ini akan dilaksanakan kolaborasi kegiatan intemasional antara Puspiptek dengan ASEAN-India Grassroots Innovation Forum.

Kolabirasi ini dalam bentuk seminar, kompetisi, dan pameran bekerja sama dengan ASEAN-India dan juga UN ESCAP Forum: Policies for Inclusive Innovation and Social Entrepreneurship bekerjasama dengan United Nations Economic and Social Commissions for Asia and The Pacific (UN ESCAP).

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Riset,

Teknologi dan Pendidikan Tinggi Ainun Na’im mengatakan bahwa, Kemenristekdikti terus mendorong agar komunitas iptek ini mendekatkan diri kepada masyarakat, baik masyarakat industri, pelaku UKM, generasi muda, serta masyarakat pada umumnya.

“Karena pada dasarnya, para pelaku iptek sesungguhnya dituntut untuk berkontribusi aktif dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi oIeh industri dan masyarakat melalui pendekatan iptek dan inovasi. Oleh karenanya, dengan seringnya berinteraksi, para pelaku iptek akan menjadi tahu permasalahan-permasalahan yang perlu dibantu penyelesaiannya,” tuturnya.

“lnilah tujuan utama dari pembangunan iptek sebagaimana termaktub dalam UUD 1945, yakni untuk mewujudkan peradaban serta kesejahteraan umat manusia,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Puspiptek Sri Setiawati mengatakan Puspiptek sebagai pusat penelitian terpadu dan National Science and Tehnology Park, memiliki berbagai fasilitas riset, dengan didukung oIeh tenaga-tenaga peneliti dan perekayasa yang mumpuni di bidangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here