Dianggap Belum Berfungsi Maksimal, DPAD Akan Rutin Kunjungi Perpustakaan Sekolah

METROTANGSEL.COM, Serpong – Sekolah memang wajib menyediakan perpustakaan, yang bertujuan untuk menambah minat baja siswanya serta memperdalam ilmu melalui buku.

Namun, menurut Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) perpustakaan di tiap sekolah Tangsel belum berfungsi dengan baik.

Kabid Perpustakaan DPAD Tangsel, Hayati Nur, menjelaskan akan membina perpustakaan di tiap sekolah agar berfungsi dengan baik.

“Kami berharap perpustakaan sekolah bisa berfungsi sebagaimana mestinya, target dan harapan kami bisa sampai ke standar Nasional Perpustakaan SMP,” ungkapnya, Rabu (3/10/2018).

Untuk itu, Hayati berkunjung ke sekolah-sekolah untuk melakukan pembinaan pada tingkat SD maupun SMP.

Salah satunya berkunjung ke SMP Negeri 1 Tangsel, untuk memberikan pembinaan mengenai perpustakaan. Dan, pembinaannya dilakukan secara bertahap.

“Awalnya kondisi perpustakaan di SMP Negeri 1 belum sempurna, setelah kita bina Alhamdulillah kondisinya sekarang sudah sangat baik,” kata Hayati.

Menurutnya di SMP Negeri 1 Tangsel sudah menerapkan program literasi yaitu Kamis Membaca (Kaca), dimana seluruh siswa diwajibkan membaca sebelum belajar dimulai setiap hari Kamis.

Sementara itu, pembinaan yang dilakukan DPAD Tangsel yakni penataan buku, klasifikasi buku, penataan ruang agar lebih nyaman, karena dengan nyaman ruang perpustakaannya akan menambah minat baca siswa di sekolah.

“Kami juga membina petugas perpustakaannya agar bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap pembaca,” kata Hayati. (lni/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here