Delegasi Madagaskar Tertarik Belajar Mendaur Ulang Sampah hingga Urban Farming

METROTANGSEL.COM, Pamulang – Kepala Seksi Kesetaraan Gender DPMP3AKB Tangsel, Hartina Hajar yang menemani kunjungan dari istri Wali Kota Ivato, Madagaskar, Randrianarisoa Hoby ke Bank Sampah Bambu Apus, Pamulang mengatakan, bahwa pihak Madagaskar tertarik belajar memilih sampah hingga bisa dijadikan urban farming.

“Bahkan mereka minta bertemu oleh para pengrajinnya. Bagaimana proses memilah sampah menjadi kompos hingga bisa dimanfaatkan menjadi urban farming,” ujarnya, Selasa (23/10/2018).

Kegiatan ini termasuk ke dalam program Gender Champion yang memfasilitasi dan memiliki komitmen yang besar dalam percepatan kesetaraan dan keadilan gender, memotivasi agar perempuan mampu bangkit dari keterpurukan dan memperjuangkan hak-hak perempuan.

“Adapun kegiatan dari gender champion yang di Bank Sampah Gotong Royong ini diantaranya, sosialisasi, penyuluhan, pelatihan dan pengolahan sampah, daur ulang sampah, menukar sampah menjadi tabungan hingga urban farming,” jelasnya.

Sementara itu, Randrianarisoa Hoby, istri dari Walikota Ivato, Madagaskar, Afrika Selatan mengatakan, kami ingin mempelajari beberapa hal yang ada di Kota Tangsel, termasuk soal mendaur ulang sampah.

“Dalam skala kecil, kita akan mensosialisasikan terlebih dahulu. Kemudian baru akan diterapkan disana. Tapi, kualitas sampah disana akan berbeda, karena disana (Madagaskar), jarang sekarang kopi sachet. Namun banyak yogurt dengan bungkus plastik,” ujarnya.

Sebelumnya, delegasi Madagaskar ini mengunjungi pemkot Tangsel yang diterima oleh Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie. (lni/asn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here