Dua Film Animasi Karya Mahasiswa UMN Raih Juara 20th DigiCON6 ASIA

METROTANGSEL.COM, Tangerang – Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kembali mengukir prestasi. Kali ini, dua tim mahasiswa Animasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menjuarai 20th DigiCON6 ASIA.

DigiCON6 merupakan suatu perlombaan film pendek tahunan yang diselenggarakan oleh Tokyo Broadcasting System (TBS), berlevel Nasional.

Karya film animasi yang berjudul Keluarga Satu Setengah dan Life Of Death, berhasil membawa mereka ke Jepang untuk ditandingkan dengan karya-karya se-ASIA seperti Kamboja, Cina, Hongkong, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Film animasi berjudul Keluarga Satu Setengah, merupakan karya dari Michaela Clarissa Levi, Robert Sunny dan Raffael Arkapraba Gumelar. Dan, film animasi Life Of Death merupakan karya dari Jason Kiantoro dan Bryan Arfiandy.

Hal ini tentunya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh kedua tim UMN. Salah satu mahasiswa UMN, Robert Sunny mengatakan semua karya yang dilombakan memiliki ciri khas masing-masing.

“Kalau film animasi Keluarga Satu Setengah sendiri itu mungkin lebih pada topik yang diangkat yaitu mental illness dan cara penggambaran kondisi seorang penderita ketika penyakitnya sedang kambuh (dalam masa episode),” kata Robert.

Sementara itu, film Life of Death yang sudah pernah masuk ke dalam nominasi film festival dan terpilih dalam beberapa screening seperti Canadian Labour Film Festival 2018, Global University Film Awards 2018, Austin Film Festival 2018 menjadi tantangan sendiri bagi Jason Kiantoro.

“Dengan mengenal filmmaker dari berbagai negara dan latar belakang yang berbeda, wawasannya menjadi bertambah. Kalau misalnya di festival luar itu kan lebih beragam orang-orangnya, latar belakangnya, cara mereka membuat film, dan jenis-jenis filmnya. Dengan kenalan, jadi lebih terbuka (wawasannya) gitu,” jelas Jason. (lni/asn)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here