Pejabat Esselon III Tangsel Disipakan Jadi Agen Perubahan Anti Korupsi

METROTANGSEL.COM, BALAI KOTA – Sebanyak 38 pegawai eselon III dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Tangsel, mengikuti kegiatan TOT Tunas Intergritas yang diselenggarakan Inspektorat Kota Tangsel, Senin (5/12/2018), di Graha Widya Bhakti Puspiptek.

Menurut Kepala Inspektorat Tangsel Uus Kusnadi, TOT ini dilaksanakan untuk membentuk pribadi aparatur Kota Tangsel yang berkarakter kuat dan memiliki sikap anti korupsi.

Diharapkan para eselon III ini, dapat menjadi agen perubahan (the agent of change). Kearah terwujudnya organisasi yang berintegritas.

“Mudah-mudahan peserta bisa menjadi trainer di OPD masing-masing. Minimal diingatkan dengan kejadian-kejadian yang ada agar bisa kembali berintegritas,” ungkap Uus.

Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa tunas integritas merupakan agen perubahan yang ada di organisasi untuk menjadi pendorong dalam terbentuknya budaya organisasi yang berintegritas.

“Para tunas integritas berasal dari orang-orang terpilih yang memiliki jabatan/ posisi strategis dalam mempengaruhi atau mengambil kebijakan di dalam organisasi agar organisasi dapat berjalan dengan efektif,” ungkapnya.

Pembangunan budaya integritas merupakan cara yang strategis dalam pencegahan perilaku korupsi. Dapat dilakukan dengan internalisasi nilai, membangun sistem integritas dan kepemimpinan yang berintegritas pada semua tataran komponen.

“Pembentukan tunas integritas diawali melalui TOT atau workshop tunas integritas sehingga memiliki kompetensi sebagai agen perubahan,” jelasnya.

Pada beberapa waktu yang lalu telah dilakukan tot tunas integritas bagi kepala perangkat daerah, pada kesempatan ini merupakan lanjutan dari TOT sebelumnya, TOT ini diperuntukan bagi esselon III di lingkungan pemerintah Kota Tangsel, diharapkan peserta TOT ini dapat menjadi penggerak integritas dilingkungan OPD nya masing masing. (rls/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here