Revolusi Industri 4.0, SIARAN Tangsel Mengurangi Sekat-Sekat Birokasi Pelaporan Masyarakat

Kota Tangerang Selatan – Masyarakat dunia kini telah memasuki  revolusi industri 4.0. Sebuah kondisi pada abad ini, dimana telah terjadi perubahan besar-besaran di berbagai bidang lewat perpaduan teknologi yang mengurangi sekat-sekat antara dunia fisik, digital, dan biologi.

Sadar akan hal tersebut, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), pada awal Maret  2017, di salah satu hotel di Kawasan Bintaro telah meluncurkan aplikasi pelaporan resmi warga milik Pemkot Tangsel yang diberinama Siaran Tangsel.

Dengan aplikasi ini, masyarakat dapat melaporkan kejadian – kejadian yang ada di sekelilingnya, seperti Kemacetan, Sampah, Kebanjiran, Pelayanan Publik, Parkir Liar, Infrastruktur, Fasilitas Umum, dan sebagainya.

Melalui aplikasi ini masyarakat juga dapat melihat informasi yang dimiliki oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di kota Tangsel, seperti data sebaran lokasi Puskesmas, data sebaran penduduk, dan lain lain. Dengan adanya aplikasi ini maka masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan permasalahan yang ada di sekelilingnya.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Kota Tangsel, H. Ismunandar, aplikasi ini (Siaran Tangsel) memiliki dua manfaat, pertama, memangkas waktu, artinya mekanisme pelaporan dan penugasan menjadi lebih singkat.

Kedua, memangkas jarak, artinya masyarakat memiliki akses langsung untuk berinteraksi dengan pihak Pemerintah Kota, tanpa harus melakukan mobilisasi secara fisik.

“Harapannya, dengan aplikasi ini, urusan-urusan masyarakat bisa ditangani dengan cepat,” ujar Ismunandar, Senin (3/12).

Semenara itu, Tb. Asep Nurudin, Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi, Komunikasi dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengatakan, aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk melaporkan, tetapi juga dapat menugaskan.

“Termasuk, juga mengevaluasi kinerja para petugas terkait yang berada di lapangan, karena aplikasi ini terintegrasikan dengan aplikasi SKPD lainnya,” ungkap Kabid Tb Asep Nurudin, Senin (3/12).

Baik Ismunandar maupun Asep Nurudin, keduanya mengajak masyarakat kota Tangsel untuk memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan Pemeritah Kota Tangsel ini dengan baik.

“Ayo Laporkan, Ayo Bangun Tangsel menjadi Kota Cerdas, Berkualitas, dan Berdaya Saing berbasis Teknologi dan Inovasi demi kenyamanan hidup di Kota Tangerang Selatan.”

“LIHAT – Lihat kejadian dan permasalahan yang terjadi di sekeliling anda.

LAPOR – Laporkan kejadian – kejadian yang ada melalui aplikasi Siaran Tangsel

“LEGA – Laporan anda telah ditindaklanjuti dan terimakasih atas partisipasi anda,mari menata Tangsel rumah dan kota kita.” .” Pungkas keduanya, mengutip tagline aplikasi yang dapat diunduh bebas  melalui Google Ply. (adv)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here