275 Karyawan Hotel dan Restoran di Tangsel Ikuti Ujikom Sertipikasi Profesi

METROTANGSEL.COM – Sebanyak 275 karyawan Hotel dan Restoran di Kota Tangerang Selatan mengikuti kegiatan uji kompetensi (ujikom) profesi yang diselenggarakan oleh organisasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tangsel, di Hotel Marylin, Serpong Utara. Senin (18/3/2019).

Kegiatan ujikom profesi Hotel dan Restoran yang dibuka langsung Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, ini dihadiri pula Ketua PHRI Banten Ahmad Sari Alam dan Ketua Harian Ashok Kumar.

Dalam sambutannya, Airin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PHRI Kota Tangsel yang telah rutin menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kegiatani ini (ujikom sertifikasi) , bagi saya sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di dalam industri pariwisata,”ungkapnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa dalam mencapai target kunjungan wisatawan yang akan datang ke Kota Tangsel, tentu saja insan pariwisata tak hanya bisa mengandalkan fasilitas. Namun juga sumber daya manusia yang profesional.

Kedepannya, trend SDM pariwisata semakin menuntut akan adanya jaminan kompetensi yang up to date di semua bidang profesi dan untuk terus berkembang ke arah yang lebih strategis.

“Uji kompetensi ini untuk memberikan pengakuan atas profesi yang dimiliki tenaga kerja di bidang pariwisata, dalam meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja bidang pariwisata,”jelasnya.

Senada dengan Airin, Ketua pelaksana Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hospitality Cakrawala Indonesia (HCI), Adi Setiawan mengaku sertifikasi profesi juga akan berdampak kepada setiap pegawai perhotelan yang mengikutinya dengan meningkatnya sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki.

“Bukan hanya untuk akademis, tapi sertifikasi sangat penting dilakukan dalam berlangsungnya masyarakat ekonomi asean (MEA),” ujarnya.

Adi yakin, manfaat dari uji kompotensi ini bisa meningkatkan kepercayaan diri dan tidak takut berkompetensi dengan insan pariwisata di luar negeri.

“Tangsel menjadi regulator dalam menjalankan kompetensi ini. Sertifikasi ini menjadi jalur pendidikan akopasi yang dapat meningkatkan SDM melalui dari industry masing-masing agar terderajat dengan yang memiliki ijasah yang formal. Dan mempercepat SDM di Tangsel dan Banten, memiliki standarisasi yang sama dengan wilayah lainnya,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PHRI Tangsel, Gusri Effendi, menjelaskan, kegiatan ujikom ini merupakan kali kedua diselenggarakan di Tangsel.

Ada 275 peserta (asesi) yang terdiri dari F&B Service sebanyak 75 asesi, Front Office sebanyak 75 asesi, House Keeping sebanyak 75 asesi dan F&B Product sebanyak 50 asesi.

Dan dirinya pun mengapresiasi kepada pemerintah Kota Tangsel yang telah mengalokasikan anggran yang akan digunakan untuk melanjutkan program ujikom sertipikasi profesi bidang perhotelan dan restoran. (jpn/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here