Fraksi Golkar Kebut Penyusunan Raperda Perlindungan Produk Lokal

METROTANGSEL.COM, Setu – Fraksi Golkar DRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan Produk Lokal. Raperda tersebut, bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum kepada usaha produk lokal.

Ketua DPRD kota Tangsel, Moch Ramlie mengatakan Raperda perlindungan produk lokal itu dimaksudkan untuk pemberian insentif, kemudahan dalam penanaman modal, fasilitas perizinan, pembinaan dan peningkatan pertumbuhan usaha.

Dan memberikan jaminan fasilitas ketersediaan dan kesinambungan bahan baku, fasilitas keterlibatan tenaga kerja lokal, fasilitas kepemilikan hak atas kekayaan intelektual dan sertifikasi, fasilitas pemasaran produk lokal dan fasilitas sarana dan prasarana kerja.

“Makanya perlu perlindungan terhadap merek dalam sistem hukum hak kekayaan intelektual merupakan suatu upaya melindungi produk lokal. Karena itu, merek produk lokal harus didaftarkan agar terhindar dari eksploitasi dan pemalsuan dari pihak lain, serta mencegah persaingan tidak sehat,” ujarnya.

Ramlie juga menuturkan, saat ini memang produk lokal banyak dikembangkan dan diproduksi masyarakat, tapi perajin masih mengalami kesulitan modal dan pangsa pasarnya.

Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Ferry Payacun menyambut baik rencana Perda inisatif tentang Perlindungan Produk Lokal.

Sebab, hal itu sangat diperlukan sebagai payung hukum untuk mengakomodir produk unggulan yang ada di Kota Tangsel.

“Cukup bagus. Karena sebagai bentuk dan program perlindungan produk lokal dilaksanakan secara terarah, terpadu dan berkelanjutan,” katanya.

Ferry menambahkan, upaya kongkrit perlindungan terhadap produk lokal itu, salah satunya diwujudkan dengan mewajibkan setiap rapat yang diadakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), wajib membeli produk unggulan.

“Ya bisa saja kalau setiap rapat OPD maupun UMKM diwajibkan membeli produk unggulan, karena itu sebagai bentuk perlindungan terhadap produk lokal,” tandasnya. (jpn/asn).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here