Musrenbang Kota Tangsel 2020 Capai Angka 5.5 Triliun

METROTANGSEL.COM, Serpong Utara – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2020 Tingkat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang digelar Rabu (20/3) di Hotel Mercure, Alam Sutera, mengalami kenaikan usulan .

“Tahun ini kita ada 4.186 usulan dari mulai tingkat musrenbang Kelurahan, Kecamatan, Forum OPD dan lainnya dengan anggaran sebesar Rp 5,56 Triliun,” ungkap Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie dalam konferensi pers. Senin (20/3/2019).

Dari semua usulan dalam Musrenbang kali ini, menurut Benyamin, tentu tidak semua bisa di akomodir. Sebab kemampuan yang di miliki Pemkot Tangsel terbatas, sehingga perlu dilihat prioritasnya.

Dari 5.56 Triliun ini nantinya akan dipertajam, dikarenakan besaran APBD Tangsel mencapai 3.6 triliun harus mengejar dari sektor PBB dan BPHTB, kemungkinan akan ada peningkatan 1,6 hingga 1.7 triliun, dari dana perimbangan keuangan pusat yang meningkat perimbangan dari provinsi bisa meningkat dari tahun ini sebesar 40 miliar diharapkan bisa bertambah.

Penyelenggaraan musrenbang RKPD Tahun 2020 ini, merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan musyawarah rencana pembangunan di Kota Tangerang Selatan untuk tahun 2020, yang dimulai sejak bulan Januari yang lalu.

Kegiatan Musrenbang diawali dari tingkat Kelurahan dan kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang Kecamatan, Forum Perangkat Daerah / Gabungan Perangkat Daerah, dan Forum Konsultasi Publik.

Musrenbang ini dilakukan dalam rangka penyusunan dokumen rencana kerja tahunan Pemerintah Kota atau RKPD Tahun 2020 yang di dalamnya memuat rancangan kerangka ekonomi Daerah, prioritas pembangunan Daerah, serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang disusun dengan berpedoman pada RKP dan program strategis nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Kepala Bappeda Kota Tangsel, Mochammad Taher Rochmadi, menjelaskan,  Kota Tangerang Selatan memiliki 4 (empat) Prioritas Pembangunan untuk Tahun 2020, meliputi; Penguatan Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat; Pengembangan Kualitas Infrastruktur; Pengutan Kualitas Layanan Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial; Penguatan Kualias Tata Kelola Pemerintahan. (*rls/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here