Anggota Tagana Ikuti Pelatihan Penguatan SDM

METROTANGSEL.COM, Ciputat Timur – Upaya penanggulangan bencana harus dilakukan secara terencana, terpadu dan terkoordinasi secara menyeluruh.

Untuk mencapai itu, diperlukan penguatan sumber daya manusia (SDM) melaui pelatihan penguatan, karakteristik kearifan lokal serta peningkatan kemampuan dan potensi masyarakat itu sendiri.

Demikian dikatakan Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany saat menghadiri kegiatan pelatihan penguatan SDM taruna siaga bencana (Tagana) di Situ Gintung, Kecamatan Ciputat Timur pada Jumat ( 22/2/2019).

“Tagana sebagai ujung tombak terdepan dalam penanggulangan bencana baik saat tanggap bencana maupun pasca bencana. Dan pelatihan kali ini diharapkan dapat memahami tentang peran dan fungsinya dalam menanggulangi bencana, ” harapnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Tangsel Wahyunoto Lukman mengatakan, Tagana bergerak membantu korban bencana alam tidak hanya di luar daerah saja. Di lingkup Kota Tangsel pun Tagana membantu masyarakat yang wilayahnya rawan longsor.

“Tagana Tangsel harus Sigap Tanggap 1×24 Jam untuk menghadapi segala bencana. Karena sudah menjadi kewajiban Tagana untuk melaksanakan tugas bagi masyarakat,”tegas Wahyunoto Lukman. (*rls/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here