Usai Nobar Debat Relawan Balad Jokowi dan GMI Prabowo Gelar Deklarasi Pemilu Damai

METROTANGSEL.COM, Serpong – Relawan Balad Jokowi Tangerang Selatan (Tangsel) bersama Gerakan Milenial Indonesia (GMI) untuk Prabowo-Sandi Banten menggelar Deklarasi pemilu Damai pada Sabtu, (30/3), di Kaisar Kofee and Food, Tangerang.

Deklarasi ini dilakukan setelah acara nonton bareng debat Capres keempat,  serta diskusi bertajuk “Milenial Berjiwa Demokrasi dan Bhineka Tunggal Ika dalam Pilpres 2019”.

Ketua Balad Jokowi Tangsel, Eko mengatakan, acara ini digelar dalam dalam rangka melestarikan budaya berkumpul dan bergotong royong sebagai identitas sosial masyarakat Indonesia. Ia berharap perbedaan pilihan tidak akan membuat masyarakat terpecah.

“Kita tetap akan lestarikan budaya ini meskipun dalam perbedaan pilihan politik, jangan sampai terpecah karena perbedaan,” ujar Eko, Sabtu (30/3).

Selain itu, acara ini juga digelar dalam rangka mengedukasi generasi milenial ataupun first voters untuk ikut berpartisipasi di pesta demokrasi. Guna menubuhkan pemilih yang baik serta menciptakan kehidupan demokrasi kedepan lebih baik.

“Pesta demokrasi harus dirayakan dengan gembira. jangan sampai terpecah, karena pasca pilpres kita akan tetap tinggal di tangsel, hidup rukun bersama sebagai warga negara,” tutur Eko.

Senada dengan itu, Moch Aldina Suryana,  selaku ketua GMI Banten, mengatakan bahwa pentingnya memberikan edukasi politik untuk genersi milenial bertujuan untuk menciptakan iklim Demokrasi yang sehat dan mencapai Indonesia lebih baik.

“Kami GMI Banten hadir untuk memberikan edukasi kepada pemilih milenial. Ini penting karena demokrasi adalah sebuah sistem politik,  sistem yg bertujuan untuk mewujudkan indonesia adil dan makmur,” ujarnya.

Selain itu, generasi milenial juga diberikan edukasi soal pentingnya menggunakan hak pilihnya di pemilu tahun ini. “Memilih pemimpin itu wajib,  dan perbedaan dalam pilihan itu hal yang biasa,” ucap Aldina.

Acara Diskusi diisi oleh dua pembicara muda, yaitu Caleg DPRD Tangsel, Dapil Pamulang, M. Isya Kamal, dan Hangga Pramudya yang juga Caleg DPRD Tangsel dari PAN.

Dalam kesempatan itu, Isya Kamal mengatakan, bahwa anak muda harus menggunakan hak konstitusionalnya sebagai pemilih dengan baik. Jangan sampai hak pilih tidak digunakan ataupun memilih untuk Golput.

“Kita mengajak anak muda (milineal) untuk menggunakan hak pilih khususnya bagi yang saat ini baru memilih dalal ajang pileg dan pilpres jangan sia-sia hak konstitusionalnya,” kata Isya.

Selain itu, Isya juga meminta kepada anak muda harus arif dan bijak dalam menerima segala informasi dan kabar berita terkait pemilu 2019. Jangan mudah termakan hoaks yang membuat perpecahan dan meretakan tali persaudaraan.

“Milineal jangan malah jadi penyebar hoaks tetapi sebaliknya harus memberikan info yang baik dan benar terkait figur capres dan cawapres,” ujar Isya. (*rls/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here