Momentum May Day, Buruh Tuntut Pemerintah Fasilitasi Rumah Murah

METROTANGSEL.COM, Serpong – Gabungan serikat pekerja dan buruh di Kota Tangsel menuntut Gubernur Banten maupun Wali Kota Tangsel agar bisa memfasilitasi rumah murah dan terjangkau untuk para buruh di Kota Tangsel.

Demikian salah satu tuntutan dari lima aspirasi pekerja buruh yang disampaikan saat peringatan May Day 2019, di Serpong, Tangsel, Rabu (1/5/2019).

Aspirasi lainnya yang disampaikan perwakilan serikat buruh/pekerja ( SP TSK SPSI, SP KEP SPSI, FSPMI, SP NIBA dan SP PHRI) yakni revisi Peraturan Pemerintah (PP) 78 tahun 2015 tentang pengupahan. 

“Caranya dengan membentuk tim bersama yang melibatkan serikat pekerja buruh,” tegas salah satu perwakilan serikat pekerja buruh saat membacakan aspirasi mereka dihadapan Wali kota dan Wakil Wali Kota Tangsel. 

Selain itu, pekerja buruh juga menyampaikan aspirasi terkait dengan perbaikan layanan BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan.

Tidak kalah penting, perlindungan untuk korban PHK. “Dan kelima perlindungan untuk pekerja migran,” orasi Hari Mardiyanto dari SP TSK SPSI yang membacakan surat aspirasi tersebut.

Hari menambahkan,  May Day merupakan momentum perjuangan kaum buruh guna mewujudkan kesejahteraan buruh, kehidupan yang layak dan terhindar dari exploitasi buruh.

Permasalahan dunia buruh saat ini yang masih krusial adalah masalah upah buruh, bpjs ketenegakerjaan/kesehatan, perumahan dengan harga terjangkau dan perlindungan kaum buruh.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here