Mulai Hari ini, Pemkot Berlakukan Aturan Selama Ramadan, Pelaku Hiburan Mendadak Jualan Takjil

METROTANGSEL.COM, Serpong – Pemkot Tangsel mengimbau seluruh pelaku industri hiburan agar tunduk pada regulasi Ramadan yang sudah dikeluarkan.

Sekretaris Satpol PP Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Mohamad Utuh menyatakan, pelaku usaha kuliner dan hiburan yang melanggar regulasi Ramadan tak bisa dihukum.

Surat edaran mengatur selama bulan puasa operasionalnya dibatasi hingga tutup total. “Karena surat edaran sifatnya hanya himbauan,” katanya.

Kendati tidak ada sanksi khusus bagi yang melanggar, pemkot tetap mengimbau agar pelaku hiburan dan industri lebih mengedepankan sikap toleransi.

Jika kedepan selama Ramadan berlangsung ditemukan ada yang melanggar, Utuh mengaku akan lebih mengedepankan pendekatan persuasif. Namun langkah ini tidak berarti Pemkot Tangsel lepas pengawasan seutuhnya.

“Tetap akan kita awasi seluruh pelaku hiburan dan kuliner ini. Kalau ada yang melanggar, kita coba pendekatan persuasif dulu sebelum dilakukan langkah-langkah selanjutnya,” terang dia.

Syamsul Huda, Manajer Boa Karaoke Executiv mengatakan tunduk dan sudah memiliki langkah antisipatif. “Ya mau bagaimana lagi?. Namanya aturan harus diikutin,” katanya.

Menurutnya, para pekerja industri hiburan biasanya telah mengantisipasi agar uang pendaringan bisa tetap masuk. Mereka banting stir usaha sementara menjadi pedagang dadakan.

Syamsul bilang, pilihan itu sudah rutin dilakukan setiap tahun sepanjang bulan suci Ramadan. Sebab para pekerja juga mesti memenuhi kebutuhan hidup keluarga agar bisa merayakan lebaran. “Palingan pada dagang makanan takjil di rumah-rumahnya,” ujar Syamsul.

Ia pun mengaku kesehariannya sudah punya usaha kecil-kecilan. “Sama saya juga libur sebulan di rumah. Bantuin usaha istri aja,” terangnya.

Diketahui, regulasi Ramadan di Kota Tangsel bagi industri hiburan dan kuliner berlaku mulai H-2 Ramadan hingga H+3 Lebaran. Bagi usaha hiburan harus tutup total.

Adapun khusus bagi usaha kuliner jam operasionalnya dibatasi. Setiap harinya boleh buka melayani pelanggan mulai dari pukul 12.00 hingga 05.00 WIB.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here