Bawaslu Rekomendasikan Satpol PP untuk Tindak Baliho ‘Kemenangan’

METROTANGSEL.COM, Serpong – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Tangsel akan merekomendasikan Satpol PP untuk segera menindaklanjuti baliho ucapan kemenangan pasangan capres-cawapres Prabowo – Sandi.

Komisioner Bawaslu Tangsel, Slamet Santosa, mengatakan, saat ini, Senin (6/5/2019), ada tiga spanduk serupa di Pamulang dan Setu.

“Sementara ada tiga yang kita temukan. Yang satu ucapan terima kasih saja, tidak ada deklarasi,” kata Slamet saat dikonfirmasi lewat aplikasi pesan singkat.

Dikatakan Slamet, berhubung saat ini sedang diadakan pleno, maka pihaknya belum bisa merekomendasikan Satpol PP bertindak. “Kami masih pleno. Nanti akan kami rekomendasikan ke Satpol PP,” tegasnya.

Slamet mengatakan, Bawaslu Republik Indonesia (RI) sudah melarang spanduk deklarasi kemenangan sebelum pengumuman resmi dari KPU melalui surat edaran bernomor S-0904/K.BAWASLU/PM.00.00/4/2019.

Setidaknya ada empat poin dalam surat edaran itu yang intinya meminta para peserta Pemilu 2019 mendasarkan data hasil penghitungan suara dari KPU.

Selain itu, Bawaslu juga melarang peserta Pemilu 2019 untuk deklarasi, merayakan atau memasang atribut deklarasi kemenangan sebelum pengumuman dari KPU.

Meski sudah ada larangan akan spanduk deklarasi itu, Slamet mengatakan, pihaknya sedang fokus pada rapat pleno rekapitulasi tingkat kota.

Sebelumnya, baliho kemenangan Prabowo-Sandi terbentang lebar di Jalan raya Parakan, Pamulang. Selain itu, ada juga di wilayah Setu. (sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here