Suara Partai Nasdem dan PPP Anjlok, Partai Baru PSI Rebut Kursi di DPRD Tangsel

foto dok. titiknol

METROTANGSEL.COM, Serpong – Hasil Pemilihan Umum 2019 dalam dua hari kedepan bakal diketahui. Pasalnya, KPU Tangsel menargetkan rekapitulasi tingkat kota akan digelar antara tangal 6-7 Mei paling lama. Itu artinya, caleg yang tadinya masih harap-harap cemas bisa sedikit lega, begitu juga dengan partai politiknya.

Berdasarkan hasil perhitungan ditingkat TPS dan kecamatan sementara ini, dua partai besar dan memiliki wakil di kursi DPRD yakni PPP dan Nasdem terancam kehilangan kursi. Sementara partai baru PSI justru sebaliknya, memiliki wakil di DPRD.

Dikutip dari laman resmi KPU RI pada Minggu (28/4/2019) pukul 18.45 WIB progres rekapitulasi dan penghitungan sudah mencapai 349 dari 3.819 TPS.

Perolehan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya sebanyak 2.222. Sementara untuk Partai Nasdem 3.027. PSI suara sementara 3.964.

Ketua DPD PSI Tangsel, Andreas Arie mengatakan, secara umum ada tiga daerah pemilihan (Dapil) kecamatan yang signifikan mendulang suara. Yakni, Dapil 1 Ciputat, Dapil 2 Pamulang dan Dapil 3 Serpong-Setu.

“Prediksi sementara 3-4 kursi,” ungkapnya saat dihubungi metrotangsel.com, kemarin.

Menurutnya, PSI mampu meraup suara dari berbagai masyarakat pemilih. Mulai dari kalangan milenial hingga orangtua. Andreas mengakui bila mayoritas pemilih PSI dari kalangan milenial.

“Visi misinya tentunya sejalan dengan marwah partai yaitu anti korupsi dan mengembangkan toleransi,” jelasnya.

Ia mengklaim, para caleg PSI Tangsel yang berhasil duduk di kursi parlemen lokal ingin mendorong agar legislatif terpilih bisa mendorong perbaikan.

“Pemerintah yang lebih transparan dan melayani publik lebih baik lagi,” ujar Andre.

Sementara itu, Ketua DPW Nasdem Banten Wawan Iriawan mengaku, akan melakukan evaluasi menyeluruh terkait dengan hasil pileg ini. “Akan kita lakukan evaluasi semuanya dari hajatan pileg dan pilpres ini,” tandas dia.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here