Raih 10 Kursi di Pileg 2019, Golkar Amankan Kursi Ketua DPRD

METROTANGSEL.COM, Setu – Partai Golongan Karya (Golkar) dipastikan akan kembali memimpin DPRD tingkat II Tangsel periode 2019-2024 ini.

Setidaknya, berdasarkan hasil pleno KPU tingkat kota, Golkar meraih 10 kursi dewan. Terbanyak dari kontestan lainnya.

Sementara tiga partai lainnya yakni PDIP, Gerindra dan PKS masing-masing meraih 8 kursi, dan dipastikan juga mendapat jatah kursi pimpinan.

Sementata Demokrat mendapat 5 kursi. PAN dan Hanura masing-masing mendapat 2 dan 1 kursi.

Kejutan besar justru terlihat dengan munculnya PSI dan PKB dengan sama-sama meraih empat kursi dewan. Padahal selama ini, PKB biasanya hanya memiliki dua wakilnya di DPRD. 

Nasib ironis memang dirasakan PPP. Sejumlah caleg partai berlambang kabah itu tidak satupun yang lolos. Begitu juga dengan partai Nasdem. Padahal pada periode sebelumnya, kedua partai tersebut memiliki wakilnya di dewan.

Ketua KPU Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan, hasil di tingkat kota masih belum dikatakan final karena harus melewati rekapitulasi di tingkat provinsi dan pusat.

“Belum bisa, masih habis ini rekapitulasi di tingkat provinsi dan pusat. Kalau ada keberatan diajukan ke MK,” ujar Bambang setelah rekapitulasi di wilayahnya, Minggu (12/5/2019).

Rekapitulasi di tingkat provinsi rampung dilakukan dan akan dilanjutkan di tingkat pusat sampai Rabu (22/5/2019) mendatang.

Setelah diumumkan di tingkat pusat, bagi peserta capres cawapres bisa mengajukan keberatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) satu hari setelahnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here