Stok Blanko KTP-el Menipis, Disdukcapil Kembali Terbitkan Suket 

METROTANGSEL.COM, Serpong- Blanko KTP-el di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan, alami kekurangan.

Pasalnya, dinas tersebut setiap harinya harua mengeluarkan sedikitnya 200-300 blanko untuk memenuhi pelayanan kepada warga yang membuat KTP-el ini.

Kepala Disdukcapil Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, pada Senin (13/5/2019), blanko KTP-el hanya tersisa 1000 lembar saja. “Namun per hari ini, (Rabu,red) sudah bertambah lagi.

Ada penambahan 1000 lembar blanko,” katanya melalui kepada metrotangsel.com, Rabu (15/5/2019).

Menurut Mantan Kepala Badan Kesbangpolinmas itu menegaskan, meski setiap harinya blanko ini harus dikeluarkan antara 200-300 lembar, bukan berarti pelayanan tidak maksimal.

Blanko diutamakan untuk perekam pemula atau warga masyarakat yang baru pertama membuat KTP-el, yakni mereka yang berusia 17 tahun.

Sedangkan bagi masyarakat yang sudah memiliki KTP-el sebelumnya, tetapi mau ngurus ulang akibat hilang, rusak, perbaikam data atau semacamnya akan dikeluarkan suket.

“Caranya dengan mengeluarkan surat keterangan atau suket. Suket bisa dimanfaatkan layaknya KTP-el. Hanya saja masa berlakunya enam bulan. Setelah itu diperpanjang lagi,” tandasnya.

Suket, sambung dia, memang harus dimanfaatkan saat ini mengingat stok blanko terus menipis. Bahkan, banding dia, kota maupun kabupaten lain ada yang sudah tidak memiliki blanko dan memberlakukan suket.

“Karenanya, yang sudah memiliki KTP-el agar bisa menjaganya dengan baik agar tidak sampai rusak maupun hilang,” imbauanya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here