Baru Sebulan Kerja Bisa Dapat THR, Ini Ketentuan Rincinya

METROTANGSEL.COM, Serpong – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Tenaga Kerja setempat, telah membuka Posko Pengaduan THR.

Lokasinya poskonya  di Jalan Raya Melati Mas Blok O/01-03, Kelurahan Jelupang, Kecamatan Serpong Utara.

Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja yang bisa diadukan ke Losko THR ini, simak beberapa poin berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 06 Tahun 2016 tentang THR.

Nggak Dapat THR di Tempat Kerja, Adukan Saja ke Sini

Poin yang paling penting sesuai Permanaker tersebut yakni. THR keagamaan diberikan kepada pekerja yang punya masa kerja satu bulan atau lebih.

Pekerja punya hubungan kerja dengan pengusaha dalam masa waktu tertentu atau tidak tertentu.

“Jadi bagi pekerja yang tidak mendapatkan hak THR silahkan datang dan lapor ke pelayanan kami,” ungkap Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel, Yantie Sari lewat keterangan tertulis yang diterima metrotangsel.com, Selasa (21/5/2019).

Besaran THR pekerja yang masa waktu tugasnya 12 bulan atau lebih secara berturut-turut diberikan sebanyak satu bulan nominal upah.

“Besaran upah bagi pekerja yang masa tugas 1 bulan secara terus menerus atau kurang dari 12 diberikan secara proporsional. Dengan perhitungan masa kerja satu bulan dibagi 12 bulan dikali satu bulan upah ,” urai Yantie.

PBNU Luncurkan Program 1.000 Kedai Mini Cafe Kemitraan Santri Kreatif di Ciputat

Sebagai ilustrasi, jika masa kerja baru satu bulan dan besaran gaji Rp. 3.5 juta, maka besaran THR yang diterima sebesar Rp.292.000.

Dengan rumusan sebagai berikut; 1 (masa kerja sebulan) : 12 (Bulan) x 3.500.000 = Rp. 292.000 (dibulatkan ke atas)

Selain itu diungkapkan juga ada juga aturan, masih di dalam Permenaker No. 06, 2016, bagi pekerja yang bekerja berdasarkan perjanjian kerja harian lepas.

Jika pekerja yang punya masa kerja 12 (dua belas) bulan atau lebih, upah sebulan dihitung dari pendapatan rata-rata selama setahun sebelum hari raya keagamaan.

Pekerja yang punya masa kerja kurang dari 12 bulan, upah sebulan dihitung rata-rata yang diterima per bulannya. (sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here