BI Perwakilan Banten Tak Siapkan Satgas Pemantau Uang Palsu

METROTANGSEL.COM, Pondok Aren – Bank Indonesia perwakilan Banten tidak menyiapkan satuan tugas (Satgas) untuk mengantisipasi peredaran uang palsu menjelang idul fitri.

Demikian dikatakan Pjs Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten Erry Suryanto usai ditemui di Bazaar Ramadhan di Halaman Kantor Kecamatan Pondok Aren, Selasa, (21/5/2019).

“Untuk Satgas uang palsu ada di pusat (BI Pusat). Kalau wilayah tidak ada,” katanya.

Menurutnya, untuk satuan tugas pemberantasan uang palsu sudah dibentuk dengan nama Badan Koordinasi Pemberantasan Rupiah Palsu (Botasupal).

Baru Sebulan Kerja Bisa Dapat THR, Ini Ketentuan Rincinya

“Jadi kalau di Banten ada temuan dan peredaran uang palsu, juta laporkan ke pusat untuk ditindak lanjuti,” ujarnya.

Sebab, kata Erry untuk memastikan dan memutuskan apakah uang palsu atau bukan harus melalui verifikasi laboratorium di BI. “Kalau ada laporan kita koordinasi dengan pusat,” ucapnya.

Sampai saat ini, sambung Erry, sudah ada laporan dari sejumlah bank. Mereka menemukan uang palsu setelah setoran uang dari nasabah. Sementara, peredaran uang di penukaran di pinggir jalan, Erry mengaku belum ada laporan.

Nggak Dapat THR di Tempat Kerja, Adukan Saja ke Sini

“Jasa penukaran uang marak lantaran kekurangan tempat penukaran uang. Untuk tahun ini jasa penukaran resmi kita tambah,” terangnya.

Tahun 2019 ini BI membuka 100 titik jasa penukaran uang resmi. Dengan rincian, sebanyak 40 titik penukaran dilakukan melalui kas keliling Bank Indonesia maupun kantor bersama perbankan.

Sedangkan, 60 titik penukaran dilakukan di perbankan dengan layanan yang dilakukan masing-masing bank,” tandasnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here