Layani KIA Sehari Jadi, Disdukcapil Corner Hadir di Mall Living World

METROTANGSEL.COM, Serpong – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan, Jumat (24/5/2019) secara resmi meluncurkan “Disdukcapil Corner” berlokasi di Living World East Mall lantai 2 (dekat pendopo), Alam Sutera, Serpong Utara.

Acara tersebut dihadiri langsung Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, jajaran Disdukcapil Tangsel serta manajemen Living World. Menandai grand launching Disdukcapil Corner, 10 anak yatim langsung diberikan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tangsel, Dedi Budiawan, yang ditemui metrotangsel.com, sebelum acara mengatakan, Disdukcapil corner ini hasil kerjasama dengan Mall Living World. “Sebenarnya diluncurkanya sejak awal tahun 2019 ini. Cuman hari ini, Jumat (24/5/2019) grand launchingnya,” kata Dedi.

Disdukcapil Corner, lanjut mantan Kepala Kesbangpolinmas ini, adalah layanan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) sehari jadi. “Langsung jadi hari itu juga. Sangat memudahkan masyarakat untuk bisa segera memiliki KIA ini,” katanya.

Seberapa Pentingkah KIA untuk Anak? Ini Dasar Hukumnya

Syaratnya, pengajuan ini begitu simple. Pemohon atau orangtua anak cukup menyertakan Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran si anak. “Cukup itu aja syaratnya. Langsung bisa diambil,” tegasnya.

Masih menurut Dedi, sementara ini pihaknya hanya bisa melayani sekira 100 pemohon atau anak setiap harinya. Layani ini, tuturnya, jam operasionalnya setiap hari alias tidak libur. Jam bukanya disesuaikan dengan jam buka mall living world. “Jadi mohon maaf, untuk sementara ini hanya bisa melayani 100 orang dulu,” tandasnya.

Dengan dibukanya layanan KIA di mall, Dedi berharap masyarakat yang ingin membuatkan KIA semakin banyak. “Harapanya semakin banyak warga Tangsel membuat dan memiliki KIA ini,” tutupnya.

Korban Hoaks Lapor Polisi, Akun @Sabilussalam2 Menghilang

Seperti diketahui, Kartu Identitas Anak (KIA) sendiri merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Peraturan Kementrian Dalam Negeri (Permendagri) No. 2 tahun 2016 lalu.

KIA adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun yang berlaku selayaknya KTP untuk orang dewasa pada umumnya. KIA tersebut diterbitkan dalam dua versi berbeda, pertama untuk anak usia 0-5 tahun dan kedua anak usia 5-17 tahun.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here