Kebutuhan Sekunder di Rumah singgah Tercukupi, Dinsos Redam Gepeng dan Anjal

METROTANGSEL.COM, Serpong – Keberadaan anak jalanan (anjal) maupun gelandangan dan pengemis (gepeng) di sejumlah ruas jalan utama Kota Tangsel menurun drastis.

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, terutama bulan Ramadan, keberadaan mereka tahun ini relatif mengalami penurunan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangsel, Wahyunoto kepada metrotangsel.com, Senin (27/5/2019) mengatakan, Dinas Sosial sejauh ini bisa melayani pemenuhan kebutuhan dasar gepeng dan anjal di rumah singgah

“Secara kuantitatif jumlah mereka menurun. Tapi secara kualitatif, kegiatan mereka di ruang publik beragam. Ada yang meminta-minta pakai kedok sumbangan. Dan sekarang bulan Ramadan, ada manusia gerobak segala,” katanya.

Catat! Ini Zonasi yang Mesti Diketahui Saat Mendaftar PPDB SMP

Walau jumlah anjal dan gepeng berangsur menurun, pihak Dinsos Kota Tangsel akan terus melakukan penjangkauan keberadaan mereka ini.

Namun, kata dia, terkait dengan penertiban mereka ini, ranahnya ada di Satpol PP Tangsel. Sementara Dinsos, hanya menerima hasil penertiban ini yang kemudian dilakukan pembinaan.

“Terkait penertiban di ruang publik apakah di jalan, taman, dan lain-lain, silahkan bisa kokunikasi dengan Satpol PP, ” saranya.

Pantauan metrotangsel.com di lapangan, pusat perbelanjaan seperti ITC BSD, WTC Mall Matahari, maupun jalanan utama Kota Tangsel seperti perempatan lampu merah German Centre, tidak nampak anak jalanan maupun gepeng berkeliaran.

Padahal biasanya di bulan Ramadan, sejak siang menjelang petang, mereka sudah beraksi di lokasi-lokasi ini.

Hanya saja, segelintir manusia gerobak masih terlihat. Jumlahnya pun tidak sebanyak biasanya. Dan itu pun, mereka beraksi jauh dari jalan utama maupun pusat perbelanjaan.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here