Tiap Ramadan, Volume Sampah di Tangsel Meningkat

METROTANGSEL.COM, Serpong – Volume Sampah pada bulan Ramadan selalu mengalami kenaikan. Mulai dari sampah rumah tangga, tempat usaha dan sampah pasar.

Kepala Seksi Penngelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Rastra Yudhatama mengatakan, bulan Ramadan volume sampah di Kota Tangsel meningkat drastis. Salah satunya sampah liar di pinggir jalan, yang diperkiakan meningkat hampir 20 persen.

Padahal, sampah rumah tangga hanya naik 10-20 persen. Sementara secara umum, volume sampah di Kota Tangsel pada bulan Ramadan ini, sekitar 250 ton kubik. Baik itu volume sampah pasar maupun rumah tangga. Dan kenaikannya pun berbeda disetiap pasar. “Kenaikannya beda-beda,” ungkap Yudha.

Lebih jauh Yudha mengatakan, untuk volume sampah pasar terbesar itu adalah pasar Ciputat. Persentasenya sekitar 40 persen. Sementara pasar Jombang dan pasar Serpong hanya 30 persen kenaikan volumenya.

Diduga Jadi Lokasi Esek-esek Online, Apartemen Serpong Green View Digrebeg Polisi

“Sedangkan di Pasar Cimanggis, Ciputat diperkirakan volume kenaikannya 30-40 persen,” tandasnya.

Yudha melihat, banyak faktor yang ikut mempengaruhi volume sampah ini naik. Baik di pasar maupun rumah tangga. Meningkatnya jumlah pembeli di pasaran serta ditambah juga pedagang dadakan, jadi faktor naiknya volume sampah selama Ramadan ini.

Jelang Lebaran, Kebutuhan Daging Sapi 799 Ton. Airin : Dorong Bulog Sediakan Stok

“Banyak juga pedagang dadakan dekat pasar. Ini mempengaruhi juga,” cetusnya.

Untuk langkah selanjutnya, sampah-sampah ini diangkut seperti biasa menggunakan armada yang dimiliki. “Untuk pasar kita adakan operasi pembersihan dengan melibatkan petugas armada piket,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here