Dana Kelurahan Bisa Dicairkan, Begini Cara Pengajuannya

METROTANGSEL.COM, Serpong Utara – Pemkot Tangerang Selatan mempersilahkan seluruh kelurahan di wilayah tersebut, untuk segera mengajukan program pencairan dana kelurahan. 

Sebab, dana yang bersumber dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) yang diperuntukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat itu sudah ada di kas daerah. Tinggal dicairkan saja.

“Ouh dana kelurahan. Sudah cair. Sudah. Sudah bisa diambil oleh masing-masing kelurahan,” ungkap Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, ditemui di Alam Sutera, Senin (10/6/2019).

Bang Ben menegaskan, dana ini tidak diberikan dalam bentuk cash. Tetapi uang akan dicairkan sesuai dengan program yang diajukan masing-masing kelurahan. 

Hari Pertama Kerja, 105 ASN Tangsel Tercatat Mangkir Tanpa Keterangan

“Pencairanya dalam bentuk program. Jadi silahkan ajukan program ke ibu wali kota atau ke pemkot, baru dicairkan. Nanti tetap lewat Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) diambilnya,” tambahnya. 

Bang Ben menegaskan, sejatinya dana kelurahan dengan besaran mencapai Rp 377 juta per  kelurahan per tahun itu, sudah bisa diambil sejak April.

Namun urung dicairkan, karena pemkot Tangsel harus memastikan kelurahan memahami penggunaanya.

Sehingga, Pemkot melakukan pelatihan terkait administrasi penggunaan dana kelurahan.

8 Ribu Warga Pendatang Baru Diprediksi Serbu Tangsel

“Sekarang bulan apa ini. Februari, Maret, April, Mei, juni. Sebenarnya triwulan ke dua sudah bisa, Juni sudah bisa, cuma kan kita dahulukan pelatihan administrasinya. Juni sudah bisa diajukan, Juli sudah bisa dipakai,”  tegas Bang Ben sembari menghitung kalender dengan jari tangannya.

Ia menjelaskan, program lurah yang dibicarakan dalam pelatihan, lebih banyak terkait pelatihan sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan jalan kecil.

Pengelolaan uang itupun langsung dikelola kelurahan dengan pengawasan dari kecamatan.

“Artinya, lokus pembangunannya dimulai dari yang terkecil. Model seperti ini akan menjadi rule pembangunan di Tangerang Selatan kedepannya,” tuntas Bang Ben.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here