Jinakan Ular Berbisa Hingga “Selamatin” HP di Selokan, Ini Deretan Tugas Regu Rescue Damkar

METROTANGSEL.COM, Serpong – Dinas Pemadam Kebakaran? Pastinya yang terlintas pertamakali di benak Anda adalah menjinakan kobaran api.

Tidak salah. Tapi tahukah Anda, jika saat ini Damkar juga memiliki tim Rescue atau penyelamatan.

Ya, petugas Damkar kini memiliki tugas tambahan. Bukan lagi sekadar menyemprotkan air ke api, atau berjibaku melawan ganasnya sengatan api dalam balutan baju pelindung dan dengan selang panjang di ujung tangan.

Komandan Rescue Damkar Tangsel, Ilham Faturohman (36), kepada metrotangsel.com, Selasa (11/6/2019), Damkar kini bisa bertransformasi melakukan berbagai penyelamatan non human dan fisik.

Dana Kelurahan Bisa Dicairkan, Begini Cara Pengajuannya

Antara lain menyelamatkan kucing liar yang masuk dalam saluran pipa warga, menangkap ular berbisa, menyelamatkan burung di sebuah gedung tinggi.

“Juga menghancurkan sarang tawon, hingga menyelamatkan telepon genggam yang kecemplung dalam saluran air atau got. Semua tugas ini dilakukan tim Rescue,” kata Ilham.

Bahkan Rescue Damkar Tangsel, cerita Ilham, pihaknya pernah diminta untuk menangkap burung yang lepas saat pameran di ICE BSD.

Rescue Damkar Hancurkan Sarang Tawon di Rumah Warga

“Pernah diminta nangkap burung di atap ICE kan tinggi tuh. Harga burungnya puluhan atau ratusan juta kali. Pas itu lagi pameran. Ya kita selamatin. Kita naik ke gedungnya,” ujar Ilham.

Intinya sekarang ini, kata Ilham, warga bisa meminta Rescue Tangsel untuk melakukan berbagai penyelamatan.

“Kita terbuka pada semua informasi dan laporan warga. Rescue Tangsel tentunya mengedepankan layanan dan bantuan kepada warga yang membutuhkan,” tuntas Ilham.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here