Tahun ini, KPU Tangsel Ajukan Anggaran Rp 50 Miliar untuk Pilwalkot

METROTANGSEL.COM, Serpong– Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kota Tangerang Selatan, mulai merancang persiapan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau pemilihan walikota ( Pilwalkot) tahun 2020 yang tahapanya akhir tahun 2019, ini.

Komisioner KPU Tangsel, M Taufik mengatakan, salah satu persiapan yang dilakukan KPU adalah terkait penyediaan anggaran.

“Kita sudah melakukan komunikasi dengan pihak Pemkot Tangsel untuk persiapan Pilkada ini,” kata M Taufik, kepada metrotangsel.com,ditemui di kantornya, Rabu (12/6/2019).

“Pengajuannya secara global sudah kita usulkan, biar dibahas di dewan pada anggaran murni 2020. Jumlahnya yang kita ajukan Rp 50 miliar,” tambah Taufik.

Panik Diteriaki Maling, ABG 17 Tahun Tabrak Empat Kendaraan di Depannya

Meski sudah mengajukan anggaran senilai Rp 50 miliar, namun Taufik memastikan tetap menunggu arahan dari KPU pusat untuk pengajuan resmi anggaranya, serta untuk memulai tahapan persiapan Pilkada Tangsel ini.

“Berkaca dari Pilkada sebelumnya, Pilkada sebelumnya, Rp 60 miliar. Dibagi untuk penyelenggaraan Rp 45 miliar dan persiapan PSU Rp 15 miliar,” tegas Taufik.

Terkait persiapan dan tahapan Pilkada akhir tahun ini, akan dimanfaatkan untuk mempersiapkan berbagai hal. Termasuk pembentukan panitia pemilihan tingkat kecamatan sampai TPS, juga tahapan pendaftaran calon.

Fase Krisis, Stok Darah PMI Diburu RS Luar Tangsel

“Tahapan itu misalkan kita harus menjalankan seleksi ad hoc lagi, PPKnya dibentuk, PPS baru. Makanya persiapanya lama,” ujarnya.

Proses lainnya, usai KPU mensosialisasikan ada pelaksanaan Pilkada, baru ada proses pendaftaran calon baik perseorangan maupun calon perseorangan.

“Syaratnya tetap 20% perolehan kursi DPRD atau 25% perolehan suara partai. Termasuk calon independen juga bisa mendaftar, dengan mengumpulkan bukti dukungan,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here