Digugat PDIP ke MK, KPU Siapkan Bukti Alur Bantahan

Komisioner KPU Tangsel, M. Taufik. (Foto dok. Tangnet)

METROTANGSEL.COM, Serpong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan, mulai mempersiapkan alur bantahan berupa berkas bukti menghadapi gugatan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan di MK. 

Seperti diketahui, PDIP Tangsel resmi mendaftarkan gugatan ke MK pada akhir bulan Mei sesuai jadwal ketetapan pendaftaran gugatan oleh MK.

Gugatan PDIP terdaftar dengan nomor 91-03-16/AP3-DPR-DPRD/PAN.MK/2019setelah dilakukan permohonan perbaikan. 

Komisioner KPU Tangsel, M Taufik, yang ditemui metrotangsel.com, di kantornya, Rabu (12/6/201) mengatakan, pihaknya sudah mengetahui gugatan PDIP akan disidangkan di MK nantinya, mengingat gugatan ini sudah terdaftar resmi. 

51 Kuasa Hukum Kawal Gugatan PDIP Tangsel di MK

“Gugatan PDIP Tangsel ada. Kami sudah dilihat bukti regis nya di MK. Dan sejauh ini, memang hanya ada PDIP yang pasti, karena sudah melakukan permohonan perbaikan di MK. Sementara dua partai lainnya kami belum tahu,” ungkap Taufik. 

Dua parta lain yang dimaksud Taufik yakni Nasdem dan Hanura. Kedua partai ini sebelumnya mengaku akan melakukan gugatan juga ke MK. 

Namun, hingga batas waktu pendaftaran dan permohonan perbaikan sebagaimana ketentuan di MK, kedua partai tidak terlihat terdaftar. 

KPU Tangsel Angkut Belasan Boks Dokumen Bukti Hadapi Gugatan Pilpres

“Artinya baru PDIP yang diregis oleh MK dan KPU RI sudah di-breakdown ke KPU kabupaten kota, ini loh di Tangsel ada PDIP. Adapun Hanura dan Nasdem kita enggak tahu,” tegas Taufik.

Sebelum diputuskan ada sidang, pemohon harus melewati beberapa step. Ada masa pendaftaran, penetapan dan perbaikan gugatan.

“Tanggal 21 Mei penetapan. Tiga hari kemudian 22, 23, 24, harusnya 24 Mei pengajuan ke MK. Ada perbaikan lima hari, sampai 30, berarti kan 31 harus masuk. Nah yang 31 enggak masuk, kata ini mah bahasa Peraturan MK, ya ditinggal,” paparnya.

Atas gugatan itu, KPU Tangsel  mempersiapkan berkas untuk menghadapi gugatan PDIP.

“Saat ini kita susah mulai mempersiapkan berkas-berkasnya,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here