Laporan Dana Kampanye, Empat Parpol Ini Punya Kas Partai Paling Besar

Dok mojok

METROTANGSEL.COM, Serpong -Sebanyak 16 partai politik peserta pemilu di Kota Tangerang Selatan, masing-masing sudah menyerahkan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye partai (LPPDK) kepada komisi pemilihan umum (KPU) sejak 1 Mei lalu. 

Penyelenggara pemilu itu pun sudah mempublikasikan LPPDK ini melalui situs resmi KPU, usai diaudit oleh lembaga akuntan publik yang ditunjuk KPU Provinsi Banten.

Dari LPPDK ini, diketahui Partai Gerindra menempati posisi teratas dengan kas mencapai Rp 3,5 miliar lebih.

Sementara PKPI yang hanya memiliki kas partai sebesar Rp 4,2 juta berada di posisi buncit. 

Munculkan Nama “Lawas”, PKS Mau Ikut Ramaikan Pilkada

Partai lain yang memiliki kas besar yakni Demokrat, Nasdem, PKS dan PDIP. Keempat parpol ini memiliki kas masing-masing Rp 1,9 miliar, Rp 1,6 miliar, Rp 1,6 miliar serta Rp 1,3 miliar. Hanura juga memiliki kas partai sebesar Rp 1,3 miliar.

Komisioner KPU Tangsel, M taufiq MZ kepada metrotangsel.com, Jumat (14/6/2019) mengatakan, seluruh partai politik di Kota Tangsel, menyerahkan LPPDK per tanggal 1 Mei jam 16.00 wib, sesuai aturan.

“Tidak ada yang menyerahkan lewat dari tanggal itu,” kata Taufik.

Sambung Taufik, setelahnya, tanggal 2 Mei jam 18.00 wib, KPU langsung menyerahkannya ke kantor akuntan publik lewat KPU provinsi Banten. 

Dapat Restu Airin, Bang Ben ; Insya Allah Saya Siap Maju di Pilkada 2020

“Selama 1 bulan, akuntan publik melakukan asersi dan audit, terhadap dana kampanye ini. Tanggal 31 Mei, hasil audit diserahkan ke kantor masing-masing KPU. Antara tanggal 1dan 10, dipublish di website resmi KPU sebagai bagian dari transpransi,” tegas Taufik.

Kata Taufik, dari hasil audit, tidak ditemukan unsur pelanggaran oleh parpol. Namun, ada beberapa catatan yang disampaikan akuntan kepada beberapa parpol.

“Dan itu ranah dari kantor akuntan publik, yang sudah disampaikan kepada parpolnya langsung di akhir laporan atau hasil kesimpulan,” sambungnya.

“Secara keseluruhan, parpol di Tangsel aman dan tidak ada masalah,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here