Diserbu Orang Tua Siswa, Ini Curahan Hati Kadis Dukcapil

Dedi Budiawan, Kadisdukcapil

METROTANGSEL.COM, Serpong – Penerimaan PPDB Online pada Senin, (17/6/2019) tidak hanya berimbas pada membludaknya orang tua siswa ke sekolah-sekolah yang dituju. 

Kesibukan juga berimbas di Kantor Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Disducapil).

Di kantor itu, ratusan orang tua siswa yang datang untuk melegalisir Kartu Keluarga (KK), yang menjadi salah satu syarat mendaftar PPDB.

Kepala Dinas Dukcapil Tangsel, Dedi Budiawan mengaku cukup menyayangkan tidak adanya koordinasi dari Dinas Pendidikan Provinsi maupun Disdukcapil Banten ke Disdukcapil Kota/kabupaten se Banten, terkait syarat legalisir KK ini. 

Sejak Dini Hari, Orangtua Siswa Sudah Antri PPDB di SMAN 2 Tangsel

“Yang sangat disayangkan, pertama, Dindikbud provinsi tidak ada korordinasi dengan Disdukcapil. Paling tidak ada, kalau ada koordinasi, kami akan sarankan KK tidak perlu dilegalisir dulu. Karena saat mendaftar, yang namanya online akan terseleksi dengan sendirinya. Gitu,” kata Dedi Budiawan. 

Menurut dia masyarakat tidak perlu lagi melegalisir fotokopi KK dengan hadirnya layanan online yang telah diterapkan di Kantor Dinas Dukcapil Tangsel. 

Meski begitu, pihaknya tetap melayani warga yang ingin melakukan legalisir Fotocopy KK. “Kan kasihan para orang tua ini. Antre, panas-panasan,” tegasnya.

Imbas Daftar PPDB, Orang Tua Siswa “Serbu” Kantor Disdukcapil

Untuk selanjutnya, Dedi Budiawan akan berkordinasi dengan Dindikbud Banten, agar syarat legalisir KK ini bisa dihilangkan.

“Tadi kami sudah memberikan usulan melalui Disdukcapil Provinsi Banten. Dan informasinya, syarat ini (legalisir KK, red) akan dicabut,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here