Optimistis Target Terealisasi, Perkimta Rampungkan Program Bedah 58 Rumah

Peresmian Bedah Rumah di Wilayah Pondok Aren, Tangsel

METROTANGSEL.COM, Serpong – Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kota Tangsel, optimistis target bedah rumah yang dicanangkan tahun ini bisa direalisasikan.

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Perkimta, Teddy Meiyadi mengatakan, hingga saat ini, Perkimta sudah merampungkan 58 unit bedah rumah dari program tersebut, serta sudah diserahterimakan kepada warga.

“Sisanya, yakni sebanyak 140 unit rumah lagi akan diselesaikan bertahap hingga menjelang akhir tahun ini,” ungkap Teddy kepada metrotangsel.com, Kamis (20/6).

Taryono Tegaskan PPDB SMP Tak Perlu Legalisir Kartu Keluarga

Seperti diketahui, Perkimta tahun ini menargetkan 198 unit rumah warga tidak mampu, bisa merasakan program bedah rumah ini. Target ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya 161. 

“Insya Allah semuanya selesai tepat waktunya. Kalau tahun lalu targetnya 161 rumah, tahun ini meningkat,” tegas Teddy.

Lalu, berapa dana yang mesti dikeluarkan pemkot untuk membedah satu unit rumah? 

Mantan Kepala Bappeda itu menerangkan, guna memperbaiki satu unit rumah, bisa menelan dana maksimal Rp 70 juta. Dengan ketentuan, rumah yang menjadi sasaran program ini, benar-benar ketentuan yang ada.

Seperti, mengalami kerusakan parah dan penghuninya dikategorikan miskin.

Taryono Tegaskan PPDB SMP Tak Perlu Legalisir Kartu Keluarga

Sementara untuk kategori rumah yang rusak ringan dan sedang, pemkot memanfaatkan dana CSR dibantu juga program dari Baznas. 

“Anggaran per tahunnya Rp14 miliar untuk sekira 200-an unit rumah.

“Kami juga ingin nanti kalau yang rusaknya ringan, sedang, itu mungkin nanti ada CSR, ada Baznas, ada nanti bantuan dari lembaga-lembaga itu untuk yang rusak ringan. Kalau dari dinas, itu harus yang kondisinya rusak berat, jadi dibongkar semua,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here