Kapasitas Server PPDB SMP Diklaim Mampu Tampung Puluhan Ribu Pendaftar

Unit server yang siap menampung data entri PPDB SMP 2019.

METROTANGSEL.COM, Serpong – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, bakal melangsungkan hajat besarnya pada Senin, (24/6). Yakni penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMP. 

Selain Dindikbud, dinas lain yang terlibat yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Meski leading sectornya Dindikbud, namun peran Kominfo tak kalah urgen, karena harus menjamin server aman, lancar dan terus loading saat pendaftar berlangsung. 

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi, Komunikasi dan Persandian pada Diskominfo Tangsel, TB  Asep Nurdin pelaksanaan PDDB SMP sudah menyiapkan empat unit server.

Yes! Kuota PPDB SMA Jalur Prestasi di Banten jadi 15%

“Kita sudah menyiapkan infrastruktur baik server utama maupun backupnya. Server Nutanix dengan tipe NX-1465-G6 ada 4 server dengan konsep load balancer. 1 server kapasitas 32 TB dengan per note 8 TB,” terang Asep, Sabtu (22/6).

Asep yakin, dengan kapasitas serta daya tampung empat server yang dimiliki, diharapkan tidak ada kendala.

“Kalau secara persiapan Insya Allah mudah-mudahan tidak ada kendala. Hanya yang namanya kerjaan manusia kami menyadari tidak ada yang sempurna. Tapi secara teknis Insya Allah cukup apa yang sudah kita persiapkan,” tambah Asep lagi.

Keyakinan Asep bukan tanpa alasan. Sepengetahuan dia, saat dilakukan pendaftaran, tidak ada berkas kapasitas besar yang akan diupload. (sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here