Persiapan Sangat Matang, Dindikbud Yakin PPDB 2019 Berjalan Lancar

Kadisdikbud Tangsel, Taryono sedang memantau langsung unit server yang digunakan untuk penyimpanan data PPDB berbasis online.

METROTANGSEL.COM, Serpong – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, pada bulan Juni ini memiliki hajat besar. Penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Hingga hari pelaksanaanya pada Senin, (24/6) belum ada kendala. Semuanya lancar dan masih on the track. Begitu juga pada hari kedua, Selasa, (25/6) masih dalam tren positif.

Bahkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Taryono yang memantau langsung server PPDB di Dinas Kominfo memuji daya tampung server yang dimiliki.

“Hari pertama PPDB 2019 berjalan sangat lancar dan sukses. Semua berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan. Kami sudah testimoni banyak orang dan semua merasa puas dengan PPDB ini,” katanya.

“Kami sudah lebih siap, regulasi telah kami siapkan lebih baik yang mengakomodir kepentingan masyarakat. Sejak awal sudah kerjasama dengan Disdukcapil terkait NIK dan KK,” ungkap Taryono.

Di hari kedua pra pendaftaran PPDB SMP di Tangsel, terpantau lancar. Itu terlihat dari pemantauan server yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel, Taryono di Ruang Kominfo Tangsel, Lantai 7, Balai Kota Tangsel, Selasa (25/6).

“Saya sudah melihat secara langsung bagaimana kesiapan Diskominfo untuk membackup PPDB dari sisi aplikasi dan servernya. Sejauh ini pemakaian server sangat rendah belum ada satu persen, Insya Allah kedepannya akan aman,” ujar Taryono.

“Yang kedua kami berterima kasih sudah dipersiapkan dengan baik. Terbukti hari ini, yang meregistrasi verifikasi data sudah ada 9.310. Diprediksi akan ada 11 ribu sampai 12 ribu yang akan verifikasi registrasi data,” lanjutnya.

Pada Rabu (26/6) pukul 00.00 WIB, pendaftaran baru akan bisa dilakukan. Masyarakat yang ingin mendaftar harus segera melakukan registrasi data ke masing-masing sekolah yang dituju.

“Besok mulai pendaftaran dan Diskominfo Tangsel sudah siap begadang jika terjadi ada pendaftaran di awal yang menumpuk pukul 00.00 WIB. Nanti malam saya juga akan memantau langsung di Diskominfo,” tutur Taryono.

Taryono yakin, dengan segala kesiapan dan persiapan seperti dua kali uji coba yang sudah dilakukan, PPDB tahun ini akan berjalan dengan lancar.

Sebelum pelaksanaan PPDB ini, Dindikbud sudah melakukan segala persiapan teknis. Antara lain uji coba dilakukan selama dua kali. Dan hasilnya sangat lancar.

Selain itu, mematangkan regulasi bersama Walikota Tangsel, serta adanya kesiapan dukungan dari Disdukcapil dan Kominfo dalam kesiapan data NIK KK serta server.

Dari segi sever, ada empat server kapasitas jumbo disiapkan, dengan daya tampung puluhan ribu pendaftar. Selain itu, petugas pemantau jaringan server yang bekerja 24 jam nonstop juga disiapkan demi kelancaran PPDB ini.

“Mudah-mudahan semuanya aman dan lancar hingga selesai pelaksanaan PPDB,” harap Taryono.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here