Dinkes Tangsel Antisipasi Penyebaran Virus Hepatitis A

METROTANGSEL.COM, Serpong – Mewabahnya virus Hepatitis A, Pacitan, Jawa Timur tentunya menjadi perhatian khusus bagi kota-kota lain. Tak terkecuali Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Perlu diketahui Hepatitis A adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis A.

Penyakit ini berpotensi menyebabkan gagal hati, terutama pada lansia dan orang yang sudah menderita penyakit liver kronis sebelumnya.

Maka dari itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Deden Deni memberikan himbauan kepada masyarakat agar menjaga lingkungannya tetap bersih dan kebersihan makanan juga selalu dijaga.

Meski saat ini, Dinkes Tangsel belum menerima laporan mengenai adanya masyarakat di Tangsel yang terjangkit Hepatitis A.

“Sejauh ini belum ada kasus, mudah mudahan tidak ada. Antisipasi dari kami tentunya, karena Hepatitis A ini virus sangat mudah penyebarannya. Kami menyampaikan agar masyarakat menjaga kebersihan, makanan yang bersih, hindari makanan yang mentah dan paling penting menjaga sanitasinya,” papar Deden, Senin (1/7).

Adapun gejala yang timbul jika terkena Hepatitis A yakni mual, sakit kepala, demam, perubahan mata serta kulit menjadi kuning dan lemas.

Ombudsman Banten Cium Aroma “Busuk” Jual Beli Kursi PPDB, Laporan Terbanyak Tangerang Raya

Deden menjelaskan, jika ada gejala tersebut segera memeriksakan ke Puskesmas terdekat untuk diberikan obat.

“Jika dilingkungan ada yang gejala panas mual, bisa langsung periksakan di Puskesmas terdekat. Karena penyakit ini tidak ada perawatan khusus, kekebalan tubuh akan menyembubkan sendirinya. Kami hanya akan memberikan obat untuk mengurangi sakit kepala, mual, dan lainnya,” terangnya.

Lebih lanjut, Dinkes Tangsel akan memberikan edukasi mengenai mewabahnya Hepatitis A dan gelajanya kepada masyarakat melaui Puskesmas yang tersebar di tiap Kelurahan.

“Puskesmas akan memantau lingkungannya, kalau ada indikasi terjangkit tentu segera ditangani. Selain itu, nantinya mereka akan mengedukasi masyarakat mengenai Hepatitis A, karena virus ini sangat mudah terular,” ucap Deden.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here