Fasilitas Kenyamanan Gedung Lebih Kekinian, Pendonor Darah di PMI Naik 300 Persen

foto dok. pelita

METROTANGSEL.COM, Serpong -Terobosan Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Tangsel, Suhara Manullang, untuk menyediakan berbagai fasilitas penunjang kenyamanan gedung PMI bagi pendonor darah berbuah manis.

“Sekarang naik 200 sampai 300 persen, biasanya 10 orang sehari sekarang sampai 30 orang sehari. Dan bersyukurnya akhir pekan lebih ramai lagi dari jumlah itu,” ungkap Suhara disela Halal Bihalal dan peresmian gedung PMI, Minggu, (30/6).

Suhara tidak asal bicara, saat dipantau langsung Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, usai peresmian gedung baru PMI, tampilanya benar-benar trendi. Fasilitas di sejumlah ruangan disulap senyaman mungkin.

Salah satu yang mencuri perhatian ruang tunggu untuk para pendonor. Di ruangan ini, Suhara menyediakan satu set televisi, agar pendonor darah di gedung PMI lebih santai sebelum mendonorkan darahnya.

Menurut Suhara, jika awalnya PMI hanya mengedepankan cara statis, menunggu pendonor mendatangi Gedung PMI, disadari hal itu ternyata tidak efektif.

Jumlah pendonorpun tidak terlalu banyak. Imbasnya, PMI hanya bisa menargetkan 1.500 kantong darah dalam setahun sebelumnya. Dirasa cara itu kurang efektif, mantan Plt Kepala Dinas Kesehatan itupun merubah pola.

“Dengan adanya gedung baru dan fasilitas penunjang, kini jumlah pendonor meningkat pesat. Dalam sebulan bisa mencapai 600-700 orang.

Suhara berharap, dengan diresmikannya gedung baru PMI, jumlah warga yang mau mendonor pun bisa terus meningkat.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here