Stang Dikunci ke Kanan, Dua Garong Motor Gagal Bawa Kabur Incaran

ilustrasi

METROTANGSEL.COM, Pamulang – Diduga stang motor dikunci ke kanan, dua garong motor yang beraksi di halaman Masjid Jami Al Islah JI. Dr. Setiabudi, Pamulang Barat, gagal membawa kabur motor incaran mereka.

Aksi mereka terjadi pada Jumat (28/6) menjelang subuh. Dari video yang beredar luas di group whatsapp warga, maling motor yang terlihat masih ABG itu terlihat berboncengan satu sepeda motor matic.

Tiba di lokasi, satu orang yang mengenakan celana pendek dengan topi terbalik, langsung menyasar salah satu motor yang tengah diparkir di depan Masjid.

Sambil berjalan perlahan dan menoleh kanan kiri, dia nampak menyuruh rekannya yang masih duduk di atas motor untuk lebih mengawasi lebih kedepan.

Saat berada di motor sasaran, satu orang yang sudah menyiapkan peralatan mencuri, langsung berusaha membobol motor matic yang sudah dilihat. Awalnya, dia masih nampak santai melakukan aksinya karena dianggap mudah.

Nyatanya, sekira semenit berusaha membongkar stang motor yang terlihat dikunci ke kanan, ternyata dia ga bisa. Belum menyerah, dengan peralatan yang diselipkan di bagian perut, dia kembali mencoba membobol stang motor tersebut lebih keras.

Kelulusan PPDB tak Kunjung Diumumkan, Walimurid Pertanyakan Kinerja Dindikbud Banten

Asyik! PMI Gratiskan Kantong Darah Khusus Warga ber-KTP Tangsel

Putus asa, dia menghampiri rekanya yang duduk di atas motor sambil memperbincangkan sesuatu. Cukup lama mereka ngobrol hingga akhirnya mereka meninggalkan lokasi. Motor pun gagal dibawa kabur.

Benarkah stang motor yang dikunci ke kanan tidak mudah dibobol? Salah seorang pekerja bengkel, di wilayah Ciater, Serpong, Embo Ardiles mengakui hal itu benar. Namun, kata dia, motor sebenarnya tetap saja bisa dijebol.

“Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk merusak stang motor yang dikunci kanan terlalu lama. Kalau maling kan, ga bisa lama-lama. Mereka butuh kurang dari semenit untuk jebol motor target,” kata lelaki berperawakan kurus tinggi itu.

“Posisi stang ke kanan membuat lubang kunci sedikit menutup sehingga cukup menyulitkan untuk membukanya,” sambung dia.

Pencurian Ternak di Pondok Aren Janggal? Begini Komentar Warga

Lanjut pria yang sudah memiliki anak berusia SMK kelas 3 ini, posisi motor dikunci ke kiri, lubang kuncinya tidak tertutup stang. Waktu untuk membobol lubang kunci pun relatif lebih cepat.

“Posisi kunci stang ke kanan sebenarnya lebih bertujuan menghambat kerja maling. Bukan berarti tidak bisa dijebol,” jelas dia.

Dan itupun, kata dia, hanya berlaku pada motor matic dan sejenisnya. Sementara untuk tipe motor sport, karena kunci stang ada di atas.

“Jadi ya, motor sport ini, baik dikunci ke kanan atau ke kiri, lubang kunci tetap bebas tidak tertutup stang,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here