Tiap Tahun, 8.085 Warga Miskin di Tangsel Terima Bantuan dari Kemensos

METROTANGSEL.COM, Serpong – Sebanyak 8.085 warga miskin Kota Tangsel, tahun ini dipastikan mendapatkan bantuan dana tunai langsung dari Kementerian Sosial senilai Rp 1.850 juta maksimal.

Program ini melengkapi bantuan pangan sosial berupa pemberian beras dan telor yang sudah diterima setiap bulanya oleh warga kategori miskin ini. 

Kepala Dinas Sosial Tangsel, Wahyunoto mengatakan, bantuan dana tunai itu diberikan kepada mereka yang dikategorikan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), sesuai dengan program yang saat ini gencar dijalankan Kemensos.

“Bantuan dana tunai langsung dengan nominal Rp 1.850 juta ini melengkapi bantuan pangan sosial berupa beras dan telor sebelumnya. Sistemnya dicairkan setiap triwulan, langsung oleh Kementerian Sosial kepada KPM yang sudah diverifikasi dan diinput datanya,” ungkap Wahyunoto, ditemui metrotangsel.com , di gedung DPRD, Senin (1/7).

Namun, tegas mantan Sekretaris KPU Tangsel ini, pemberian dana tunai sifatnya bersyarat, dan setiap keluarga tidak sama jumlah yang diterimanya. Karena harus disesuaikan dengan empat komponen dan kondisi rill KPM. 

Lurah Diprotes Warga, Sekel Leguti : Tak Perlu Ditanggapi Berlebihan, Biasa Saja

Fuso vs Truk Bermuatan Batu Split Crash, Kemacetan Mengular hingga Pasar Cimanggis

“Komponen yang dimaksud, apakah KPM ini memiliki anak usia dini, usia sekolah, ada anggota keluarga yang lansia dan sedang mengandung. Nah, jika kompenen lengkap, mereka akan terima full Rp 1.850 juta tadi. Tapi, kalau dari komponen ini ga lengkap, berkurang juga dana yang diterimanya,” tegasnya. 

Seperti diketahui, Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat bagi keluarga miskin yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

PKH merupakan program yang berbasis keluarga miskin, sehingga yang menjadi sasaran utama adalah keluarga yang tidak mampu secara ekonomi.

PKH merupakan salah satu program prioritas nasional yang dijadikan centre of exellence oleh Kementerian Sosial dalam menanggulangi kemiskinan secara kontinu.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here