Tunggu Putusan MK, Pelantikan Legislator Baru Dipastikan Tertunda

METROTANGSEL.COM, Serpong – Pengisian kursi DPRD Kota Tangsel oleh 50 legislator terpilih dipastikan mundur dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni tanggal 7 Agustus 2019.

Padahal, masa bakti anggota DPRD yang saat ini menjabat, akan berakhir tanggal 5 Agustus 2019.

Mundurnya jadwal pelantikan tersebut karna adanya gugatan peserta pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang belum terbitnya surat putusan.

“Harus menunggu putusan MK keluar dulu baru bisa pelantikan,” ungkap Ketua Badan Pengawas Pemilu Tangsel, M Acep, ditemui metrotangsel.com, usai rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPRD Tangsel, Kamis, (4/7).

Dijelaskan Acep, putusan gugatan MK oleh partai, baru keluar antara tanggal 6-9 Agustus. Artinya, akan ada kekosongan hingga penetapan caleg terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Tahun Ini, Tangsel Bakal Punya Rumah Dinas Wali Kota Senilai Rp. 9,4 Miliar

Tiap Tahun, 8.085 Warga Miskin di Tangsel Terima Bantuan dari Kemensos

Dan penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU, memiliki waktu paling lama lima hari untuk mempersiapkan penetapan caleg terpilih, paska keputusan MK.

Lewat dari itu, Sekretariat DPRD dan Pemkot Tangsel akan mengajukanya ke Provinsi dengan tenggat waktu 14 hari.

“Lima hari persiapan setelah keputusan MK. Jadi kalau lewat, tinggal hitung aja. Lima hari ditambah 14 hari, berarti ada 19 hari kekosongan kursi lembaga DPRD ini,” jelas Acep.

Nah, bagaimana menyiasatinya? Karena itulah Komisi I DPRD Tangsel mengundang KPU dan Bawaslu untuk mengetahui diskresi hukumnya seperti apa, terutama terkait dengan kekosongan ini, serta produk-produk hukum yang dihasilkan selama kekosongan ini.

Blangko KTP-el Kembali Kosong, Disdukcapil Sarankan Warga Ajukan Suket di Kecamatan

“Kita diundang untuk menelaah diskresi hukumnya. Ya, mau ga mau kita harus konsultasikan ke Kementerian Dalam Negeri untuk lebih jelasnya,” tutup dia.

Ditemui di tempat sama, anggota Komisi I DPRD Tangsel, Aminudin juga menjelaskan hal sama. “Kita akan konsultasikan ke Kemendagri terkait dengan kekosongan di DPRD Tangsel, sebelum adanya penetapan legislator terpilih,” akunya singkat.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here