Dianggap Jadi Biang Macet, U-turn Taman Tekhno Akhirnya Ditutup

METROTANGSEL.COM, Serpong – Dianggap sebagai salah satu biang kemacetan, Dinas Perhubungan Kota Tangsel, akhirnya menutup u-turn atau putaran balik, di taman tekhno, Serpong.

Kepala Bidang Lalulintas Dishub Tangsel, H Ika mengatakan, penutupan u-turn sudah melalui kajian cukup lama, dan bukan semena-mena dilakukan. 

Penutupan sepenuhnya untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi dari arah Viktor, Buaran maupun dari arah Muncul. Utamanya, jalan raya Ciater.

Lanjut Ika, berdasarkan kajian dari pihaknya maupun Polres Tangsel, faktor penyebab kemacetan di sekitar lokasi cukup banyak, hanya saja u-turn dinilai sebagai faktor dominan. 

“Kami sudah melakukan kajian mendalam sebelum melakukan penutupan u-turn. Sebelumnya juga sudah pernah dilakukan, tapi sempat diprotes segelintir orang,” terang Ika.

Ditegaskan Ika, aksi protes dari oknum yang memanfaatkan u-turn tak digubris.

Pasalnya, lokasi tersebut memang acapkali menjadi titik parah kemacetan berkepanjangan. 

Bakal Rumdis Wali Kota Mulai Digarap, Kondisinya Masih Lahan Kosong

Pihaknya juga mengambil pelajaran penting dari batalnya u-turn itu ditutup sebelumnya.

Karena itu, kajian dan rapat bersama dengan jajaran Polres Tangsel, Dinas Pekerjaan, maupun unsur muspida dilakukan sebelum akhirnya diambil keputusan menutup u-turn. 

“Kita didukung oleh Polres Tangsel untuk melakukan penutupan ini. Bagi yang menolak sebelumnya, kita kasih pelajaran bahwa itu untuk kepentingan bersama,” tegasnya.

Pantauan metrotangsel.com di lapangan, u-turn sepanjang kurang lebih 50 meter itu, dipasangi barrier.

Pengendara dari arah Viktor harus putar arah sekira 500 meter di depan pintu masuk pergudangan taman tekhno, agak jika hendak menuju ke stasiun Rawabuntu maupun Kota Tangerang.

 Serius Cari Bacawalkot Tangsel, PSI Gelar Konvensi Terbuka

Sebelum penutupan u-turn, kemacetan pada jam sibuk sudah pasti terjadi. Baik pada pagi jam kerja maupun sore hari pulang jam kerja. 

Bahkan kemacetan bisa berjam-jam lamanya, sehingga banyak dikeluhkan penguna jalan.

Aksi penutupan u-turn selain Dishub, juga dipantau langsung pihak Polres Tangsel.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here