Gunakan Anggaran Multiyears, Dinkes Mulai Garap Dua Rumah Sakit Umum Tipe C

RSUD Tangsel (foto dok. sindo)

METROTANGSEL.COM, Serpong – Dinas Kesehatan Kota Tangsel, mulai menggarap pembangunan dua rumah sakit umum tipe C, yang berlokasi di wilayah Pakulonan, Serpong Utara dan Pondok Betung Pondok Aren.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Deden Deni mengatakan, pembangunan dua RSU tipe C itu sudah mulai dilaksanakan, dengan anggaran multiyears.

Namun, untuk anggaranya dia mengaku tidak hafal, karena kewenangannya di Dinas Bangunan.

“Kalau untuk anggaranya berapa, saya kurang hafal. Tapi proses pembangunanya sudah mulai,” kata Deden Deni, saat ditemui di gedung DPRD Tangsel, Senin (8/7).

Lanjut Deden, pembangunan dua RS tipe C sudah masuk dalam Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021. Hal ini didasarkan pada, pesatnya laju pertumbuhan penduduk di Kota Tangsel yang mencapai 3,4 persen.

Selain itu, juga untuk mengakomodir kebutuhan warga terhadap layanan kesehatan, sehingga tidak menumpuk ketika berobat ke RSU Pamulang.

Dengan demikian, warga tidak lagi jauh berobat ke RSU Pamulang dengan adanya dua RSU tipe C yang saat ini sudah mulai dibangun.

Bakal Rumdis Wali Kota Mulai Digarap, Kondisinya Masih Lahan Kosong

Wow! Duduk Disamping Bang Ben, Lurah Cipayung Deklarasikan Diri Nyalon Wali Kota

“Jadi tujuannya, selain memecah antrian warga di RSU Pamulang, juga agar warga mendapatkan layanan kesehatan yang tidak terlalu jauh. Misalkan warga dari Serpong, Serpong Utara dan Pondok Aren, bisa dengan mudah menjangkaunya. Makanya kenapa dibangun RSU tipe C di dua wilayah ini,” tegas Deden lagi.

Sambung Deden, untuk sarana prasana maupun fasilitas kesehatan, tidak berbeda jauh dengan RSU yang saat ini ada di Pamulang. Begitu juga tenaga kesehatanya.

“Nanti RSU Pamulang akan dinaikan ke tipe B. Untuk kebutuhan fasilitas kesehatan di RSU tipe C ini, sedang kita kaji. Termasuk juga alat-alat kesehatanya,” tandanya.

Ditanya anggaran yang disiapkan Dinkes untuk mengcover semua kebutuhan itu, Deden belum bisa menjabarkanya. “Kan harga alat kesehatan setiap tahun naik. Makanya kita belum bisa bicara anggarannya sekarang. Begitu juga dengan estimasinya,” pungkasnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here