Tak Pilih-pilih Kerjaan, Ribuan Pencaker Serbu Job Fair Disnaker

METROTANGSEL.COM, Serpong – Ribuan pencari kerja (pencaker) langsung menyerbu puluhan stand perusahaan, begitu Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany secara resmi membuka job fair Disnaker, Rabu (10/7).

Pencaker ini tidak hanya datang dari Kota Tangsel saja, tetapi banyak juga diluar Tangsel sepergi Bogor, Depok hingga Cilacap. Usia mereka saat ini, merupakan fresh graduated atau baru lulus SMA.

Tidak hanya itu, mereka tidak terlalu selektif mau kerja dibidang apa, terpenting diterima dan mendapat penghasilan bulanan.

Seperti disampaikan Aditya Hidayat (19) lulusan SMK Triguna Ciputat. Remaja lulusan Akuntansi itu mengaku sengaja melamar ke berbagai perusahaan yang membuka kans kerja untuk lulusan SMA.

“Saya lulusan Akuntansi, pengenya kerja sesuai dengan jurusan sih, administrasi. Tapi kalau ga, yang terpenting diterima aja dulu,” tutur anak ke 2 dari 2 bersaudara ini, kepada metrotangsel.com.

Saat di lokasi job fair, Adit sudah punya tiga perusahaan tujuan. Dan semuanya loker administrasi. Dengan diterima kerja, Adit berharap bisa meringankan beban kedua orangtuanya.

“Saya antrianya nomor 801, masih lama. Ga apa-apa. Mudah-mudahan saya bisa kerja dan ga ngebebanin orangtua,” imbuh remaja yang mengaku akan mendaftar TNI tahun berikutnya ini.

Pencaker lainya, Kaswan (19) lulusan SMK Satu Wanarja, Cilacap, jurusan Pertanian itu juga mengaku tidak mau selektif memasukan lowongan.

“Saya asal Cilacap. Barul lulus tahun ini. Saya sih kerja apa saja, yang penting diterima,” tuturnya malu-malu.

Anak ke 4 dari lima bersaudara itu mengaku, sejak di Cilacap, dia sudah memasukan puluhan lamaran kerja ke berbagai perusahaan.

54 Perusahaan Besar Buka Lowongan di Job Fair Disnaker 2019

“Tapi ga perna dipanggil lagi selesai tes wawancara. Ga tahu kenapa. Makanya sekarang, saya coba lamar di sini. Kalau bisa operator-operator pabrik gitulah,” imbuh Kaswan.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Tangsel, Abdul Azis yang memantau job fair itu berharap, pencaker bisa diterima bekerja di perusahaan yang dituju, sehingga angka pengangguran kerja di Tangsel kian menurun.

“Saya berharap, dengan adanya job fair ini dimanfaatkan betul adik-adik pencaker untuk melamar sebanyak mungkin di perusahaan yang saat ini ikut job fair. Mudah-mudahan diterima semuanya,” harap Abdul Azis.

“Terimakasih buat Disnaker yang sudah membuka job fair ini. Mudah mudahan tahun mendatang, lebih sering tidak hanya sekali setahun,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here