Exellent, Tim Tari Saman SMAI Al Azhar BSD Memukau Penonton Eropa

METROTANGSEL.COM, Serpong – Tim Tari Saman SMA Islam Al-Azhar BSD, Serpong, Kota Tangsel, tampil memukau dihadapan penonton Internasional Folkrore Festival – Czech Fairy Tale 2019, yang diselenggarakan Jumat (12/7) waktu Ceko.

Tim tari Saman SMAI Al Azhar BSD yang membawakan Rapai Geleng asal Aceh, sukses mengalahkan peserta dari berbagai negara lain sebelum akhirnya dinobatkan sebagai juara.

Sebelum berangkat ke Ceko, tim Saman yang berisikan siswa kelas XI dan XII berlatih keras selama 1,5 bulan agar maksimal saat perfomance dihadapan penonton Benua Biru ini.

Dalam kurun waktu 1,5 bulan penari saman yang terdiri dari siswi kelas XI dan XII mempersiapkan diri dengan latihan yang sangat keras agar dapat menunjukan performance terbaiknya.

Hasilnya pun tak sia-sia, tim tari Saman SMAI Al Azhar BSD berhak menggondol uang sebesar 2.000 EUR.

Ketua Yayasan Muslim Bumi Serpong Damai (BSD), Uus Martawijaya yang memimpin rombongan, sangat bangga atas prestasi yang dipersembahkan tim tari Saman SMAI Al Azhar BSD.

“Saya ucapkan terima kasih kepada panitia penyelanggara atas kesempatan yang diberikan kepada tim delegasi Indonesia untuk menampilkan persembahan budaya dari Indonesia berupa tarian Aceh, Rapai Geleng dan berharap agar hubungan antar kedua negera Indonesia dan Cekoslovakia terjalin harmonis terutama dalam hal kebudayaan,” tutur Uus.

Sebelumnya, sejumlah penghargaan pun sukses diraih oleh tim penari saman SMAI Al Azhar BSD, baik kejuaraan didalam negeri maupun festival internasional yang diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kepala SMAI Al Azhar BSD, Agus Salim Hakim raihan prestasi ini sesuai dengan visi misi yang diusung oleh Al Azhar BSD yakni mencetak generasi muslim bersaing di era global.

“Alhamdulillah, atas capaian prestais ini. Kami sangat bangga tentunya, ini adalah bagian dari visi misi kami yaitu mencetak generasi muslim yang berakhkakul karimah, yang siap bersaing di era global. Dan saya ucapkan juga terima kasih buat seluruh guru serta orangtua siswa yanf telah mensuport lomba ini,” ucap Agus.

Dindikbud Serahkan Piagam Penghargaan pada Kalif Kai, Siswa SD Peraih Emas OSN 2019

Sedangkan, Muhammad Taufik syech yang berasal dari Aceh dan juga pelatih tim Saman SMAI Al Azhar BSD tak menyangka bisa mendapatkan juara.

“Usai manggung, panitia langsung mengumumkan pemenangnya. Saat itu, kami tak menyangka bahwa tarian Rapai Geleng meraih juara pertama. Alhamdulillah, tarian asal Aceh bisa mendunia dan meraih juara di Eropa,” ungkap Taufik.

Selain Rapai Geleng, tim Saman SMAI Al Azhar BSD juga akan menampilkan tarian Ratoh Jaroe dalam festival performance with a Foreigner’s Folklore Group, pada Sabtu 13 Juli di Prague Olsanka Congress Center.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here