TPU Sarimulya Tampung 18 Ribu Liang Lahad, Teddy : Sudah Bisa Digunakan Tahun Depan

Teddy Meiyadi

METROTANGSEL.COM, Serpong – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel, memastikan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sarimulya, bisa dimanfaatkan mulai tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas Perkimta Teddy Meiyadi menegaskan, TPU tersebut dicreated sedemikian bagus. Lahan ini mampu menampung 18 ribu jiwa atau liang lahat warga Tangsel yang meninggal nantinya.

“Insya Allah tahun depan sudah bisa digunakan oleh warga. Konsepnya, ada yang khusus untuk Muslim dan non Muslim,” ungkap Teddy kepada metrotangsel.com, ditemui di rumah makan Telaga Seafood, Serpong, Rabu (17/7).

Sambung Teddy, terkait dengan konsep TPU ini, dirancang tiga tingkat. Dengan demikian, satu keluarga bisa dimakamkan di tingkat TPU yang sama nantinya, dengan persetujuan keluarga pastinya. “Harus ada persetujuan keluarga mau dimakamkan di tingkat yang sama atau tidak,” urainya.

Masih menurut Teddy, pemakaman Sari Mulya ditarget dibangun dengan luas lahan 22 Ha. Namun, hingga saat ini sudah ada 7 hektar yang bisa dipergunakan, dirancang dengan fasilitas memadai.

Antara lain mobil jenazah, lahan, peturasan, tempat ibadah, toko kembang hingga layanan makan dan minum.

Dinas Perkimta Rampungkan Program Bedah Tahap II, 112 Rumah Diserahkan Serentak Oktober

Ketua PHRI : Nasional Massif Bangun Infrastuktur, Jangan Malah Jadi Malapetaka buat Tangsel

Lahan tersebut dibeli sejumlah pengembang, karena sesuai aturan pengembang wajib menyerahkan lahan fasos fasum, salah satunya pemakaman dengan besaran 2 persen dari total pembangunan yang dilakukan mereka.

“Kita sebenarnya terkendala harga lahan. Setiap tahun kan lahan pasti naik terus,” tegas Teddy.

Teddy berharap, dengan adanya TPU Sarimulya ini, warga Tangsel bisa dikuburkan di lokasi tersebut mengingat TPU di sejumlah wilayah Tangsel hampir penuh.

“Semua pemakaman milik Pemkot Tangsel yang tersebar di tujuh kecamatan hampir penuh. TPU Sarimulya ini diharapkan bisa menjawab permasalahan kekurangan itu,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here