Kemenkes Rekomendasikan Tipe RSUD Tangsel Turun Kelas Jadi Tipe D

Gedung RSUD Tangsel (Foto dok. Tangeks)

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Kementerian Kesehatan merekomenadisikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangsel turun kelas menjadi Tipe Kelas D.

Keputusan itu berdasarkan surat rekomendasi dari Kemenkes tertanggal 15 Juli, dengan nomor surat HK.04.01/1/2936/2019 tentang rekomendasi reviu kelas Rumah Sakit.

Tidak hanya RSUD Tangsel, ada dua rumah sakit swasta di Kota Tangsel yang juga ikut direkomendasikan Kemenkes untuk turun Kelas.

Keduanya RS Insan Permata dan RS Rumah Indonesia Sehat, semula dari tipe C turun ke tipe D. Sementara RSIA Vitalaya tetap Tipe C, namun dengan catatan khusus.

Rekomendasi turun kelas dari Kemenkes itu, salah satunya disebabkan oleh pelaporan aplikasi sarana dan prasarana alat kesehatan (Aspak) dan sumber daya manusia (SDM) yang belum lengkap atau terlambat.

Karena itu, berdasarkan surat rekomendasi dari Kementerian Kesehatan itu, diimbau kepada seluruh Dinas Kesehatan provinsi, kabupaten dan kota meneruskan surat rekomendasi penetapan kelas rumah sakit kepada rumah sakit yang bersangkutan dan instansi yang menerbitkan izin operasional rumah sakit.

Kemenpora-Unpam Kerjasama Hasilkan Wirausaha Muda

Keberatan atau keberatan disampaikan kepada Direktur Jenderal pelayanan kesehatan, instansi yang menerbitkan izin operasional rumah sakit, Dinas Kesehatan daerah provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten/kota dalam jangka waktu paling lama 28 hari sejak penerbitan rekomendasi.

Rumah Sakit dapat mengajukan keberatan terhadap rekomendasi penetapan kelas rumah sakit dengan menyampaikan alasan keberatan.

Serta dibandingkan dengan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 56 tahun 2014 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit, serta mengikuti tata cara keberatan yang diatur dalam keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK 01.07/Menkes/37 3/2019 tentang pedoman reviu kelas rumah sakit.

Sementara rumah sakit yang turun kelas dan tidak keberatan terhadap hasil rekomendasi penetapan kelas segera dilakukan penyesuaian penetapan ulang kelas rumah sakit paling lama 35 hari sejak penerbitan rekomendasi penetapan kelas rumah sakit oleh instansi yang menerbitkan izin operasional rumah sakit sesuai hasil kelas penetapan.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here