Data Penting di Email Diretas, Kadinsos Tangsel Datangi Kantor Google

METROTANGSEL.COM, Serpong – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Wahyunoto Lukman mengambil langkah tegas terkait akun email yang diretas dan disalahgunakan oknum tidak bertanggungjawab sejak 13 Juli lalu.

Selain sudah melapor kepada pihak kepolisian, Wahyunoto dalam waktu dekat ini akan mendatangi kantor perwakilan google di Jakarta. 

“Tujuanya agar email yang sudah dihack, bisa dipulihkan dan tidak disalahkangunakan lagi,” ungkap wahyunoto, Jumat, (19/7).

Wahyunoto bukan tanpa alasan ke kantor google. Ia merasa wajib melakukan hal tersebut agar sejumlah dokumen penting serta data-data terkait posisinya sebagai ASN bisa diamankan. 

“Dokumen penting terkait anggaran semua ada di dokumen di email. Kita sudah ga bisa akses. Paswordnya sudah lupa, dan akun verifikasi untuk pemulihan malah ga bisa sama sekali,” jelas mantan Sekretaris KPU Tangsel ini. 

Ketua Yayasan Taman Tunanetra: Tetaplah Semangat Meski Keterbatasan Fisik

Ia patut bersyukur, pesan berantai yanh dikirim oknum yang mencatut nama dan foto profilnya belum berbuah hasil.

Karena pada saat bersamaan, dia pun langsung mengirim pesan jika akun miliknya diretas.

Sebelumnya, beredar pesan meminta bantuan transfer uang oleh oknum yang mencatut nama Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Wahyunoto Lukman.

Pelaku percobaan penipuan mengirim pesan WhatsApp dengan memakai foto profil wajahnya.

“Lagi d mna ni..??  tolongin sy dulu.   bisa…??,” kata pemberi pesan. 

Saat sapaan direspon pelaku kembali menyampaikan pesan tertulis. 

“Punya saldo d ATM  bisa sy pinjam dulu gk..??? mau  ngirim ke rek.teman barusan  sy coba kirim tapi M-banking sy masih error tar mlm sebelum jam 1 sy balikin dananya ya..?? ..urgent,” katanya.

Wahyunoto pun mengirimkan pesan WhatsApp berantai. Ia memastikan nomor kontak telepon selular pribadi mililknya yang benar adalah 0812-88393XXX. 

“Selain pake no ini adalah penipuan memanfaatkan data kontak di akun email saya yang diretas. Mohon maaf abaikan WA a/n saya tapi pake no kontak lain, terima kasih,” tegas Wahyunoto.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here