Direkomendasikan Turun ke Tipe D, RSUD Tangsel Tetap Layani Pasien Rujukan BPJS

(plt) Dirut RSUD Tangsel, dr Allin

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Pihak RSUD Tangsel memastikan tetap menerima dan melayani pasien rujukan BPJS, kendati ada rekomendasi down grade berdasarkan rekomendasi reviu kelas oleh Kemenkes RI.

Pelaksana tugas (plt) Dirur RSUD dr Allin menegaskan, sistem rujukan BPJS di RSUD Tangsel berjalan sesuai ketentuan yang berlaku, yaitu RS kelas C menerima rujukan dari Faskes Pertama.

“Yaitu Puskesmas/Klinik yang bekerjasama dengan BPJS, dan merujuk ke RS setingkat kelasnya dan ke kelas rumah sakit diatasnya,” kata dr Allin saat dihubungi, Selasa (23/7).

Sejauh ini, dengan adanya rekomendasi turun kelas dari Kemenkes, pihaknya terus berupaya melakukan langkah perbaikan sesuai standar rumah sakit dalam kelasnya.

“Berupa peningkatan kompetensi SDM, melengkapi dan memelihara sarana prasarana pelayanan kesehatan sesuai perkembangan IPTEK kedokteran, peningkatan mutu pelayanan kesehatan sesuai standar dalam akreditasi RS,” jelasnya.

Termasuk juga, sambung dr Allin, check and balance dengan menerima dan menindaklanjuti kompalin/ masukan dari masyarakat terhadap harapan masyarakat atas perbaikan pelayanan kesehatan di RS.

Ditanya apakah penurunan kelas ini adil? Dan bagaimana RS menjelaskan kepada konsumennya?.

Dengan tegas dr Allin menjelaskan penurunan kelas tidak adil karena pihak rumah sakit sudah melakukan proses/ langkah-langkah sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Dalam mekanisme pelayanan kesehatan di rumah tidak ada yang berubah karena secara real di lapangan RSU Tangsel sudah memenuhi standar kelasnya yaitu RS kelas C (baik SDM maupun sarana dan prasarana). Hasil kredensial BPJS terhadap rumah sakit se Provinsi Banten, pihak BPJS tidak ada yang direkomendasikan turun kelas,” tutupnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here