Tercoreng Rekomendasi Down Grade ke Tipe D, Dirut RSUD Tangsel Kecewa pada Kemenkes

RSUD Tangsel

METROTANGSEL.COM, Serpong – Down Grade tipe kelas sejumlah rumah sakit di Kota Tangsel, termasuk RSUD tak ayal mencoreng dan menjadi preseden negatif tempat pelayanan kesehatan di kota termuda Provinsi Banten ini.

Hal itupun diakui Pelaksana tugas (plt) Dirut RSUD Tangsel, dr Allin. Menurut dia, ada kesan negative dari masyarakat karena dipersepsikan yang berbeda-beda.

“Pada umumnya, masyarakat mengaitkan dengan dengan buruknya pelayanan di RS,” ungkap dr Allin, dihubungi, Selasa (23/7).

Padahal menurut dr Allin, pelayanan kesehatan sudah sesuai dengan SOP, penerapannya sesuai dengan yang diamanahkan di akreditasi dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Bahkan, RSU Tangsel telah dinilai oleh lembaga independen akreditasi RS yaitu KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit). “Dan hasilnya terakreditasi paripurna per tanggal 26 Juli 2019, dan di lakukan survei verifikasi oleh KARS setiap tahunnya,” jelas dia.

Kemenkes, dalam hal ini, sudah melakukan reviu kelas RS dari aplikasi RS online dan ASPAK. Data sesuai kelasnya RS di aplikasi. Dalam RS online, harus memuat kriteria SDM lebih atau sama dengan 75% dan ASPAK lebih atau sama dengan 60%.

“RSU Tangsel sudah melakukan update data pada aplikasi RS online dan ASPAK per tanggal 24 April 2019 dan sudah memenuhi kriteria sesuai kelasnya,” tandasnya.

Terkait dengan case ini, selanjutnya RSU Tangsel berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten/Kota dan Provinsi. Dan kata dr Allin, diperoleh penyebabnya adalah data berubah menjadi tidak sesuai.

Data SDM (Berkurang dari yang dipersyaratkan Data SDM lebih atau sama dengan 75%). “Padahal data yang kita masukan sudah sesuai pada aplikasi RS online yang di update tanggal 24 April 2019,” tegasnya.

“Kita mengajukan surat keberatan ke Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI dengan update RS online dan ASPAK (28 hari sejak 15 Juli 2019), dikolektif oleh Dinkes Tangsel/ Provinsi dan PERSI Banten,” tuntasnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here