Tak Peduli Kegerahan, Pemohon KIA di Kecamatan Ciptim Tetap Antusias

METROTANGSEL.COM, Ciputat Timur – Animo warga atau pemohon Kartu Identitas Anak (KIA) di Aula Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel, Kamis (25/7) cukup banyak.

Bahkan sejak sebelum kantor kelurahan dibuka, warga disebut sudah ada yang mengantre ambil nomor antrean. Akibatnya, antrean memanjang hingga keluar kantor kelurahan.

Salah seorang warga, Alya (29), mengaku pelayanan untuk pembuatan KIA yang diperuntukan untuk anak 0-17 tahun lumayan bagus, kendati dari segi fasilitas yang disediakan di kantor kelurahan itu tidak terlalu bagus.

Karena minimnya kipas angin dan ventilasi udara. “Pelayanannha sudah bagus ya. Cuman panas aja, anak-anak kegerahan,” ungkapnya warga kelurahan Cirendeu itu temui di lokasi.

Warga lainnya, Deden (41) mengaku jika sosialisasi pembuatan KIA ke masyarakat dianggap kurang optimal. Pasalnya, mereka hanya dapat info dari media sosial saja.

“Dari sosialisasi RT kurang, kita kan dadakan, kita liat dari facebook dan media sosial,” katanya.

Pantauan metrotangsel.com di lapangan, untuk melayani pemohon KIA, setidaknya ada 11 petugas dari Disdukcapil yang nampak sigap melayani warga.

Mulai dari pengambilan nomor antrean, memeriksa berkas, merekam foto, hingga pembagian KIA.

Kasie Identitas Penduduk Disdukcapil Kota Mira Anggraini, semula pembuatan KIA di Kecamatan Ciputat Timur dijatahkan 500 keping, kemudian ditambahkan 100 keping.

“Awalnya kuota 500, dilihat masih banyak pemohon kami tambah menjadi 600,” kata Mira Anggraini.

Kegiatan pencetakan KIA di kecamatan Ciputat Timur ialah upaya jemput bola. Jemput bola dari Disdukcapil untuk jemput pemohon selain di sekolah dan kantor Disdukcapil di Cilenggang, Serpong.

“Ini kegiatan tahunan. Tahun ini hanya sekali dalam setahun,” jelasnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tangsel, Dedi Budiawan mengatakan, pembuatan KIA di Kecamatan Ciputar Timur kuotanya memang 500. “Kecamatan lain sudah, yakni enam kecamatan. Sekarang di situ,” tegasnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here