KPU Ingatkan Caleg Terpilih, Segera Serahkan LHKPN Jika Mau Dilantik

METROTANGSEL.COM, Serpong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel meminta caleg terpilih segera menyerahkan LHKPN. Karena sesuai aturan, mereka yang tidak mengindahkan hal ini tidak akan dilantik. 

Divisi Teknis KPU Kota Tangsel Achmad Mudjahid Zein mengatakan, sejauh ini masih ada 13 caleg terpilih yang belum menyerahkan tanda terima LHKPN yang sudah dilaporkan ke KPK sebelumnya. 

“Kalau tidak menyerahkan bukti laporan LHKPN, ya tidak dilantik,” katanya, kemarin.

Saat ini, jelas Mujahid, ke 13caleg terpilih yang belum menyerahkan bukti laporan harta kekayaan penyelengara negara (LHKPN) ke KPU yakni dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 8 orang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 4 orang dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 1 orang. 

Mujahid mengakui, pihaknya kerap mengingatkan para caleg terpilih serta parpol terkait untuk menyerahkan LHKPN ini. 

“Kalau batas akhir, satu minggu setelah pleno penetapan caleg oleh KPU Kota Tangsel. Meski ditetapkan, tapi mereka tidak akan dilantik selama belum menyerahkan LHKPN,” tandasnya.

Untuk plenon penetapan caleg terpilih, KPU masih menunggu hasil keputusan sidang PHPU Pileg oleh MK, dimana pengumuman hasil gugatan tiga parpol sebelumnya, dibacakan pada 6-9 Agustus. “Kita masih menunggu keputusan MK,” urainya. 

Tiga perselisihan hasil pemilihan umum tersebut terjadi di daerah pemilihan (dapil) 1 Ciputat dengan pihak pemohon Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) dan pihak terkait Partai Gerindra.

Dapil 5 Pondok Aren, digugat Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan pihak terkait Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Terakhir dapil 6 Ciputat Timur dengan pemohon Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dam pihak terkait Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here