Jangan Asal Beli Hewan Kurban, Kenali Dulu Ciri-cirinya

METROTANGSEL.COM, Serpong – Bagi Anda yang merasa mampu dan berniat membeli hewan kurban, ada baiknya kenali dulu ciri-cirinya sebelum memutuskan membelinya.

Menurut petugas kesehatan hewan dari IPB, Fikri Amanda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memilih hewan ternak yang baik.

“Salah satunya itu bisa dilihat dari kondisi fisiknya, suhu tubuhnya, bisa dilihat dari umurnya juga,” terang Fikri yang ditemui saat memeriksa kesehatan Sapi Super kualitas Murah dari Bima, yang dijual di Rawa Mekar Jaya, Senin (29/7).

“Kan untuk memilih hewan kurban itu harus cukup umur, jadi kita bisa sesuai dengan program pemerintah, lalu hewan ternak yang dibeli juga harus jantan,” tambahnya.

Usia Ideal
Selain itu, ciri lain bisa juga dilihat usia ideal hewan kurban layak konsumsi, yakni sapi bisa berumur 1,5-2 tahun. “Kalau kambing atau domba bisa 1 tahun dan ada yang 6 bulan,” jelasnya.

Ciri Fisik
Bisa dilihat dari cara berdiri, tegak atau tidak, pincang atau tidak, dari kulitnya juga usahakan bersih tidak ada koreng. “Takutnya bisa jadi penyebaran penyakit kudis ke manusia,” bebernya.

Kontur gigi
Gigi bisa dilihat dari usia, kalau segi penyakit tidak terlalu

Mata
Tidak buta untuk sapi, selebihnya untuk hewan kurban lain seperti kambing sama halnya, tidak mengalami kebuataan

Bagian Dalam
Setelah dipotong tentu saja semua organ harus bagus, biasanya kalau sapi ada cacing hatinya itu sapi gejalanya kurus fisiknya dan kalau infeksi berat kurus badannya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here