Tekan Perselisihan Ketika Berumah Tangga, Calon Penganten Dibekali Wawasan Perkawinan

METROTANGSEL.COM, Ciputat – Puluhan calon penganten di Ciputat Timur, Rabu (31/7) diberi wawasan khusus sebelum memutuskan berumah tangga. Pasalnya, kehidupan sebelum dan sesudah berkeluarga jauh berbeda.

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel bersama Kantor Urusan Agama (KUA) itu, berlangsung di Aula Masjid At-Taqwa.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (DPMP3AKB) Kota Tangsel Irma Syafitri mengatakan, kegiatan yang biasa disebut Kursus Calon Pengantin (Suscatin) ini untuk pemberian bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam waktu singkat kepada calon pengantin tentang kehidupan rumah tangga/keluarga.

“Kegiatan Suscatin bertujuan dalam rangka meminimalisir tingginya angka perselisihan, perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga,” katanya di lokasi.

“Salah satunya disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan pemahaman calon pengantin tentang kehidupan rumah tangga atau keluarga, serta untuk mewujudkan kehidupan keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah,” tambahnya.

Pada kegiatan itu, juga calon pengantin pria dijelaskan dan mempraktekkan cara Ijab Qobul, agar pada saatnya nanti dapat melakukannya dengan benar.

“Saya berharap kegiatan Suscatin ini akan menjadi bekal pengetahuan bagi para calon pengantin dalam menjalankan kehidupan berumah tanggal nanti,” ucap Irma.

Sementara Kasi Bimbingan Masyarakat pada Kantor Kemenag Tangsel, Nurdin menuturkan, calon pengantin harus bisa mempersiapkan keluarga sakinah dan membangunan hubungan dalam keluarga.

“Harus bersiap diri dan mental untuk berumah tangga dan harus siap menerima konsekuensi,” ujarnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here