Akibat Cuaca Buruk, Disperindag Belum Mampu Tekan Harga Cabai

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tangsel, drg Maya Mardiana

METROTANGSEL.COM, Serpong – Melambungnya harga komoditi cabai hingga saat ini tak kunjung bisa diredam. Kondisi cuaca buruk serta banyaknya petani gagal panen disinyalir salah satu faktornya. Harga cabai pun belum bisa ditekan hingga saat ini.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tangsel, drg Maya Mardiana mengatakan, berdasarkan pantauan pihaknya, harga cabai merah masih sangat tinggi, dibanding komoditi lainnya.

“Seperti kita ketahui kan cabai sedang tinggi. Dengan kondisi tadi cuaca dan lain-lain. Paling tidak intervensi ini (operasi pasar cabai murah), untuk kondisi yang ada di pasar, bisa sedikit menurun,” jelas drg Maya ditemu disela operasi asar cabai merah,

“Kegiatan ini sebagai inisiasi awal, mudah-mudahan kedepan ada agenda lain. Dan kita bisa antisipasi sebelum harga naik,” tambahnya.

Sambung drg Maya, operasi pasar itu bagian dari intervensi harga pasar, sehingga diharapkan ada stabilitasasi harga di pasaran.

Disinggung apakah hingga saat ini ada kecenderungan harga komoditi lainya ikut terkerek, drg Maya mengaku sejauh ini hanya cabai saja. “Kalau yang lain stabil. Mungkin hanya cabai saja ya,” tegasnya.

“Saya berharap dengan kegiatan ini, bisa mengkoreksi lah ya harga yag ada di pasar,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas KP3 Tangsel, Nur Slamet menambahkan, untuk sementara ini, operasi pasar yang diadakan banyaknya memang cabai merah, sesuai kebutuhan pasar saat ini. Tapi kedepan, tidak menutup kemungkinan ada komoditi lainnya.

“Rencananya, mulai bulan November kita akan adakan pasar murah di seluruh Kecamatan. Kalau setiap Sabtu-Minggu, nanti kita adakan di KPT. Untuk titik lain, akan kita bahas lagi bersama dengan dinas lainya termasuk dengan Satpol PP,” pungkasnya.(sam/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here